PT EPSON, Pramuka dan Masyarakat Gerak Bersama, Konservasi Penyu di Pulau Karas

Kabar Baik dari Batam

PT EPSON, Pramuka dan Masyarakat Gerak Bersama, Konservasi Penyu di Pulau Karas

2 min read

PERAIRAN Batam jadi habitat penyu sisik. Menjaga satwa yang hampir punah tersebut diperlukan pengelolaan kolaboratif semua pihak.

Hal ini disampaikan Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Batam H Jefridin, saat acara penyerahan program Corporate Social Responbility (CSR) PT EPSON Batam di Pulau Karas Kecil, Minggu (11/4/2021) pagi.

“Atas nama Pramuka Kwarcab Kota Batam dan Pemko Batam, saya ucapkan terimakasih kepada PT EPSON, yang telah menyisihkan CSR-nya untuk lingkungan, dalam hal ini konservasi satwa langka yakni penyu. Ahamdulilah masyarakat kita juga peduli terkait satwa ini, terimakasih Pak Bujang dan bapak ibu Pulau Karas,” ucap Jefridin.

Bujang, merupakan warga asli Pulau Karas, yang aktif menjaga habitat penyu di pulau ini. Jefridin tidak lupa menyampaikan salam Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, dan Wakil Wali Kota Batam H Amsakar Achmad, yang juga Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Batam, karena tidak bisa hadir.

Jefridin mengungkapkan komitmen Pramuka untuk terus andil dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Tidak terkecuali kegiatan-kegiatan dalam menjaga lingkungan. 

“Karena ini adalah salah satu program kami untuk bangkitkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan,” ungkap dia.

Ia menyampaikan, selain menjadi habitat penyu, Pulau Karas Kecil yang termasuk dalam wilayah Kelurahan Karas Kecamatan Galang ini merupakan destinasi bahari yang menarik. 

Pulau tersebut memiliki pantai yang berpasir putih, pohon kelapa, juga didukung air yang sangat jernih. Tidak hanya itu, juga terdapat menara suar (mercusuar) berusia 135 tahun atau dibangun tahun 1886 silam, yang hingga kini masih kokoh berdiri.

“Pulau ini sangat menarik menjadi destinasi wisata. Mungkin di sini dijadikan tempat penelitian penyu juga rekreasi,” imbuhnya.

Jefridin bangga, EPSON, Pramuka dan masyarakat bisa gerak bersama. “Semoga banyak lagi CSR yang ikut terlibat, kolaborasi  perlu dalam rangka membangkitkan ekonomi,” terangnya.

Selain penyerahan CSR, kegiatan ini juga ditandai penandatanganan MoU PT. EPSON Batam dan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Batam tentang pelaksanaan konservasi penyu di Pulau Karas Kecil. Juga pelepasan kembali penyu-penyu yang terjebak di kelong nelayan.

Manajer Facility Service and Environment PT EPSON Batam, Dedi Novera, mengungkapkan keterlibatan PT EPSON Batam dimulai dengan survei pertama Juni 2020 lalu. Dari survei tersebut, pihaknya lantas membuat program CSR terkait penangkaran penyu.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dan menyukseskan program CSR PT EPSON Batam, khususnya Pemerintah Kota Batam dan masyarakat Pulau Karas,” pungkasnya. ***

_________

Sumber: Media Center Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *