I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

1 min read

DI ANTARA banyak usahawan Indonesia yang harum namanya, seorang di antaranya adalah William Soeryadjaya (20 Desember 1922-2 April 2010). 

Semasa menjadi bos PT Astra International, pria kelahiran Majalengka, Jawa Barat, ini lebih menyukai hidup sederhana dan hangat. Ia menyapa semua karyawan, dari direktur sampai pegawai administrasi. Dari petugas satuan pengamanan, petugas taman, sampai petugas kebersihan kamar mandi.

Dunia usaha Indonesia, tahun 1992, kaget dan terharu ketika melihat Om William melepas seluruh sahamnya di PT Astra International guna membayar kewajiban putranya, Edward, pascakeruntuhan Bank Summa. Nilainya lebih dari Rp1 triliun (kurs saat itu).

Dunia usaha terharu karena Om William, kakek baik hati ini, bersedia melepas predikat orang terkaya menjadi ”orang biasa” untuk menjaga nama baik dan terutama memenuhi ”personal guarantee” yang ia berikan. 

Belasan tahun kemudian, dalam percakapan dengan Kompas, Om William menuturkan bahwa ia berbahagia karena waktu itu ikhlas melepas seluruh sahamnya di Astra.

”Buat apa jadi orang kaya kalau tidak punya kehormatan?  Bukankah hidup tidak hanya dengan roti,” ujar Om William sambil tersenyum lebar. 

Luar biasa. ***

__________

Foto: ilustrasi

Sumber: Kompas

Klik juga Kata Batam Konvergensi Media: 

𝑊𝑒𝑏𝑠𝑖𝑡𝑒: ℎ𝑡𝑡𝑝𝑠://𝑘𝑎𝑡𝑎𝑏𝑎𝑡𝑎𝑚.𝑐𝑜𝑚/

𝐼𝑛𝑠𝑡𝑎𝑔𝑟𝑎𝑚: ℎ𝑡𝑡𝑝𝑠://𝑤𝑤𝑤.𝑖𝑛𝑠𝑡𝑎𝑔𝑟𝑎𝑚.𝑐𝑜𝑚/𝑘𝑎𝑡𝑎_𝑏𝑎𝑡𝑎𝑚/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *