Vaksinasi Terakhir Saat Puasa, Wagub Marlin Agak Demam, Alhamdulilah Cuma Sebentar

Kabar Baik dari Batam

Vaksinasi Terakhir Saat Puasa, Wagub Marlin Agak Demam, Alhamdulilah Cuma Sebentar

1 min read

WAKIL GUBERNUR Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina akhirnya selesai menerima vaksinasi Covid-19 tahap kedua, pada Jumat (16/4/2021) pagi, tepat saat ia melaksanakan puasa hari ke-4 di bulan Ramadan.

“Alhamdulillah, saya sudah terima vaksin dosis yang kedua, tadi pukul 9 pagi,” terangnya usai Safari Ramadan di Masjid Al-Anshor, Jalan Kuantan, Kota Tanjungpinang, Jumat (16/4/2021).

Menurut wagub, efek usai vaksinasi tahap kedua ini lebih terasa dibanding yang pertama. Kebetulan pada saya, efeknya baru terasa pada pukul 3 siang. Terasa panas dan agak demam,” ungkapnya.

Namun, Marlin tetap menjalankan ibadah puasa. “Alhamdulillah, tak berlangsung lama, dan saya dapat menuntaskan puasa,” jelasnya.

Berkaca pada pengalamannya ini, wagub memberikan kiat agar bisa sukses vaksinasi Covid-19 sambil berpuasa. “Pesan saya, saat sahur harus makan yang banyak,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, orang nomor dua di Kepri ini, sudah menerima vaksinasi tahap pertama di kediamannya, Perumahan Rosedale, Batamcentre, Jumat (19/3/2021) malam sekitar pukul 20.00 WIB atau usai salat Isya.

𝗛𝘂𝗸𝘂𝗺 𝗩𝗮𝗸𝘀𝗶𝗻𝗮𝘀𝗶 𝘀𝗮𝗮𝘁 𝗣𝘂𝗮𝘀𝗮

Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 16 Maret 2021, telah menerbitkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 pada Saat Berpuasa.

MUI menyatakan, vaksinasi dengan cara injeksi seperti dalam pemberian vaksin Covid-19 tidak membatalkan puasa.

Meski demikian, dalam fatwa tersebut, MUI menyarankan agar vaksinasi tetap berlangsung lancar, sebaiknya dilaksanakan pada malam hari.

Menurut MUI, jika vaksinasi dilaksanakan pada siang hari, dikhawatirkan bisa membahayakan umat Islam yang sedang berpuasa karena kondisi fisik mereka lemah. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *