I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

1 min read

MUNGKIN kita pernah mengalami atau berhadapan dengan orang-orang yang mengidap “crab mentality”, istilah untuk menggambarkan sikap seseorang yang menghalangi keberhasilan orang lain.

Ibarat sifat kepiting ketika sedang penuh sesak dalam sebuah ember. Jika salah satu  berhasil naik dan akan keluar, kepiting lainnya akan mencapit dan menarik kepiting tersebut agar kembali masuk ke ember.

Pada manusia, hal ini lebih dimaknai sebagai sikap egois atau iri hati terhadap pencapaian orang lain yang membuat seseorang mencoba menarik temannya jatuh agar tidak meraih kesuksesan.

Caranya bisa bermacam-macam, misalnya memberi komentar yang mengejek atau menakuti orang lain agar enggan untuk meneruskan usahanya. 

“JIKA orang yang benar-benar cerdas muncul di dunia ini, maka orang-orang licik segera berkonspirasi untuk melawannya,” kata Jonathan Swift, pengarang asal Irlandia.  ***

_________

Foto: ilustrasi

Klik juga Kata Batam Konvergensi Media: 

π‘Šπ‘’π‘π‘ π‘–π‘‘π‘’: β„Žπ‘‘π‘‘π‘π‘ ://π‘˜π‘Žπ‘‘π‘Žπ‘π‘Žπ‘‘π‘Žπ‘š.π‘π‘œπ‘š/

πΌπ‘›π‘ π‘‘π‘Žπ‘”π‘Ÿπ‘Žπ‘š: β„Žπ‘‘π‘‘π‘π‘ ://𝑀𝑀𝑀.π‘–π‘›π‘ π‘‘π‘Žπ‘”π‘Ÿπ‘Žπ‘š.π‘π‘œπ‘š/π‘˜π‘Žπ‘‘π‘Ž_π‘π‘Žπ‘‘π‘Žπ‘š/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *