Wow, Penarikan Uang Meningkat Selama Ramadan

Kabar Baik dari Batam

Wow, Penarikan Uang Meningkat Selama Ramadan

1 min read

EKONOMI Kepulauan Riau dan Batam, boleh menurun akibat pandemi Covid-19. Namun, soal belanja, ternyata malah meningkat sepanjang Ramadan 2021 ini.

Bank Indonesia (BI) Kepri mencatat, ada kenaikan penarikan uang tunai selama bulan Ramadan tahun ini, dibandingkan pada tahun sebelumnya. 

“Peningkatan kebutuhan uang tunai pada Ramadhan/Idulfitri Tahun 2021 tersebut sejalan dengan perekonomian Kepri yang terus membaik, bahkan pada triwulan I 2021 mengalami perbaikan yang signifikan,” kata Kepala BI Kepri Musni Hardi K Atmaja seperti dikutip dari antaranews.

Musni mengatakan pihaknya menyediakan uang tunai sebesar Rp1,68 triliun untuk memenuhi kebutuhan perbankan dan masyarakat di Provinsi Kepri pada Ramadan-Idulfitri tahun ini, meningkat sebesar 44 persen dibandingkan kebutuhan uang tunai pada Ramadhan/Idul Fitri tahun sebelumnya (2020).

BI mencatat hingga 7 Mei 2021, realisasi penarikan uang tunai periode Ramadan/Idulfitri 2021 telah mencapai 85,7 persen atau sebesar Rp1,44 triliun, lebih tinggi dari realisasi penarikan uang tunai tahun 2020 sebesar Rp1,17 triliun. 

Ia menyatakan realisasi penyaluran uang tunai pada tahun ini masih berpotensi meningkat seiring dengan perkiraan penarikan uang tunai dalam dua hari menjelang Idul Fitri sekitar Rp0,37 triliun.

BI memperkirakan total penarikan uang tunai pada periode Ramadan-Idulfitri tahun ini mencapai Rp1,81 triliun atau 107,7 persen dari yang diproyeksikan. ***

______

Sumber: Instagram kataBatam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *