Berdasar Data: Investasi di Batam Tetap Naik di Tengah Pandemi Covid-19

Kabar Baik dari Batam

Berdasar Data: Investasi di Batam Tetap Naik di Tengah Pandemi Covid-19

1 min read

INI KABAR BAIK. Investasi Asing di Batam tetap naik di tengah pandemi Covid-19. Hal itu terlihat dari perbandingan nilai investasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Batam pada Triwulan I tahun 2020 dan Triwulan I tahun 2021.

“Berdasarkan data yang dihimpun dari Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, nilai investasi PMA di Batam naik 122,8 persen pada Triwulan I secara year on year (yoy), yaitu USD76 juta pada tahun 2020 dan USD171 juta pada tahun 2021,” ujar Wali Kota Batam-Kepala BP Batam H Muhammad Rudi, Jumat (21/5/2021).

Tak hanya dari sisi nilai, dari sisi jumlah proyek juga naik. Yakni dari 438 proyek pada tahun 2020 menjadi 541 proyek pada tahun 2021.

Singapura tetap merajai realisasi investasi di Batam. Namun dalam tiga tahun terakhir, beberapa negara Eropa mulai mendominasi investasi asing di Batam. 

“Pada 2020, Luxembourg, Jerman, dan Swiss menempati posisi 7 teratas PMA berdasarkan negara. Sedangkan pada Triwulan 1 tahun 2021, Jerman berada pada posisi pertama dengan 7 proyek atau total investasi senilai USD 69 juta,” ujar HMR.

Hal ini menyiratkan iklim berusaha di Batam telah mengalami peningkatan dan menuai respons positif dari para pelaku usaha di Eropa. 

“Melihat tren yang terus berkembang ini, kami rasa pertumbuhan investasi PMA ini harus dijaga dan ditingkatkan, mengingat pelaku usaha dari beberapa negara Eropa semakin mengukuhkan posisinya sebagai PMA di Batam,” katanya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *