I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

1 min read

DI PINTU MASUK kuil Apollo di Delphi, yang terletak di lereng Gunung Parnassus, Yunani, para peziarah akan disambut oleh tulisan “gnothi seauton” yang artinya kenali dirimu.

Tulisan ini mengingatkan manusia bahwa banyak di antara mereka yang tak mengenal dirinya sendiri sehingga mungkin tidak mengenali kebahagiaan sejati.

Bisa jadi Anda hebat, Namun semua itu tertutup ketika Anda mulai membandingkan diri bahkan meniru kehidupan orang lain yang dalam pikiran Anda mereka lebih sukses.

Padahal, setiap manusia sama-sama punya potensi. Bisa jadi potensi yang Anda miliki lebih besar dan dahsyat dibanding milik orang yang Anda anggap sukses tadi. 

Bedanya, Anda yang tak mengenalinya, karena terlalu sibuk membandingkan diri dengan orang lain. Sehingga lama-lama potensi yang juga disebut “kehidupan yang terkubur” itu, sirna. Akibatnya Anda merasa tak berharga dan dihargai. 

Sekali lagi, kenalilah diri sendiri. Dengan demikian, Anda tak hanya akan mengenali mana kawan mana lawan, tapi juga akan mengenal Tuhan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *