Jabat Kepala BP, HMR Ubah Batuampar jadi Pelabuhan Peti Kemas Bertaraf Dunia

Kabar Baik dari Batam

Jabat Kepala BP, HMR Ubah Batuampar jadi Pelabuhan Peti Kemas Bertaraf Dunia

1 min read

“SEKITAR SATU SETENGAH tahun lagi, tambahan crane yang dibeli Badan Pengusahaan (BP) Batam juga akan tiba. Dengan crane manual saat ini, bongkar muat kotainer sekitar 8 TEUS per jam. Dengan crane baru, bisa 20 TEUS per jam,” ungkap Wali Kota Batam-Kepala BP Batam H Muhammad Rudi (HMR).

HMR meninjau pembersihan dan penyiapan dermaga peti kemas di Pelabuhan Batuampar, Senin (24/5/2021). Kemarin, pembersihan sudah sekitar 95 persen.

Menurut HMR, para pelaku usaha membutuhkan efisiensi waktu dalam bongkar muat barang di pelabuhan. Sehingga pihaknya akan mengganti crane manual dengan crane modern dengan menyesuaikan ketersediaan anggaran di BP Batam. 

“Karena orang bisnis, butuh waktu cepat, efisien. Makanya pelabuhan kita ganti dari sistem bongkar muat. Tapi semua tergantung dengan anggaran BP Batam,” katanya.

la optimistis, jika Peraturan Pemerintah (PP) 41 tahun. 2021 sudah berlaku, maka kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Batuampar, tidak hanya untuk industri Batam. Namun, juga untuk barang konsumsi warga Batam dan kebutuhan ke luar Batam. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *