Jefridin Ajak Jadikan Pancasila Perekat Semangat Gotong Royong Tangani Covid-19

Kabar Baik dari Batam

Jefridin Ajak Jadikan Pancasila Perekat Semangat Gotong Royong Tangani Covid-19

1 min read

HARI LAHIR Pancasila kini diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Juni. Tanggal tersebut juga ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin Hamid , mengenang momen peringatan ini dengan khidmat. 

“Negara ini menopang beragam suku bangsa. Maka itu, mari jadikan perbedaan sebagai kekayaan untuk membangun Kota Batam, khususnya, menjadi lebih maju dan tangguh,” anjurnya.

Semangat Pancasila, lanjut Jefridin, sangat ampuh dalam merekat persaudaraan, apalagi di saat pandemi Covid-19 meraja saat ini.

“Mari bahu membahu tangani Covid-19. Jaga kebhinekaan, jaga kerukunan, saling menghargai dan menghormati. Kita mampu!”  ujarnya.

Sementara itu dilansir dari KOMPAS.com, istilah “Pancasila” yang merujuk pada lima pilar yang menjadi dasar berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia itu pertama kali dikemukakan pada 1 Juni 1945.

Nama Pancasila dikemukakan oleh Soekarno ketika berpidato dalam rangkaian sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Ketika berpidato dalam sidang BPUPKI 1 Juni 1945, Bung Karno mengemukakan lima konsep untuk dijadikan sebagai dasar negara Indonesia.

Lima konsep itu antara lain: kebangsaan, internasionalisme, permusyawarakatan, kesejahteraan, dan ketuhanan.

Setelah menjelaskan lima dasar negara tersebut, Bung Karno kemudian membicarakan nama yang tepat tentang dasar negara.

Atas petunjuk seorang ahli bahasa, Bung Karno kemudian menyatakan, lima dasar negara tersebut dirangkum dengan nama Panca Sila.

Sila memiliki arti dasar. Sehingga, di atas lima dasar itu Indonesia berdiri sebagai negara yang kekal abadi. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *