Kabar Baik dari Batam

1 min read

Mengenakan masker merupakan salah satu cara mencegah penyebaran Covid-19 dan sangat dianjurkan, terutama ketika berada di keramaian seperti mal, sekolah, pasar, kantor, dan lainnya. 

Namun, di lapangan, masih banyak warga yang enggan. Misalnya, sebanyak 40 warga Batam terjaring razia protokol kesehatan, Kamis (3/6/2021). Semua pelanggar langsung ditindak akibat tidak memakai masker.

“Masih dijumpai pelangar protokol kesehatan yang diatur dalam Perwako 49/2020. Ada 40 orang dan satu tempat usaha yang melanggar,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam, Salim.

Dan ternyata, keenganan pakai masker itu tak hanya terjadi di Batam, tapi juga di belahan bumi lain. Bahkan, banyak instansi di sejumlah negara sampai bikin penelitian terkait mengapa warga enggan mengenakan masker di masa pandemi Covid-19 ini.

Sebuah studi di Inggris dari Vision Direct misalnya, mengungkapkan bahwa enam dari 10 orang dewasa tak mengenakan masker ketika berada di sebuah pub atau restoran. Kurang dari 50 persen orang mengenakan masker saat berbelanja dan hanya 16 persen yang akan mempertimbangkan untuk mengenakan masker saat kencan.

Alasannya beragam. Mulai karena memang sudah tak disipiln dan kerap melanggar aturan, persoalan kepercayaan, hingga tak percaya diri.

Kita, jangan termasuk yang enggan pakai masker ya! ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *