I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

1 min read

MEMINJAM ISTILAH Dai Sejuta Umat, almarhum KH Zainuddin MZ, masyarakat kita banyak terjangkit penyakit “kutil”, alias kurang teliti. Sehingga mudah heran dan gampang kagum. 

Akibatnya, banyak yang pandai bikin “entertainmen” dan kemasan untuk menarik perhatian atau menutupi kezaliman. Ibarat kaleng biskuit isi kerupuk atau rengginang.

Ada selebriti naik angkutan umum atau bawa koper saja langsung dipuja-puja, seolah itu adalah prestasi terbesar dalam sejarah peradaban manusia. 

Padahal di negara maju, jangankan selebriti, seorang presiden atau perdana menteri sekali pun, biasa naik angkutan dan jalan kaki ke kantor. Ini soal nyaman atau tidak saja.

Lagi pula, masyarakat di sana paham bahwa tugas utama seorang pemimpin bukan hanya naik angkutan umum atau bawa koper, tapi bagaimana membangun rakyatnya. 

Dalam situasi semacam inilah kita perlu filter, berupa literasi yang cukup. Jangan terlalu lugu, sehingga gampang kena “prank” atau disesatkan, karena bias dalam melihat persoalan. 

Sebagaimana diingatkan penulis dari Amerika Serikat, Stephen King. “Kepercayaan dari orang-orang lugu adalah alat yang paling berguna bagi pembohong.” ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *