I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

1 min read

LEBIH BAIK MELANGKAH meski salah, bahkan jatuh. Dari pada tak pernah salah, dikritik atau bahkan jatuh, karena tak melangkah sama sekali. 

Karena, โ€œPerjalanan ribuan mil dimulai dengan langkah pertama,” kata Lao Tzu.

Kesalahan hingga kegagalan itu tak selalu buruk. Sebab dari sana kita bisa punya pengalaman dan belajar sesuatu yang berharga.

Dari kesalahan itu kita bisa tahu masalah, selanjutnya bisa lakukan evaluasi, sehingga dari sana muncul ilmu atau cara baru dalam menghadapi hal serupa.

Bayangkan jika orang zaman dulu malas gerak, tak berani  melawan ganas samudera. Tentunya benua-benua lain tidak akan ditemukan. Bahkan ilmu pelayaran hingga pengetahuan moderen tak akan berkembang. 

Sekali lagi, jangan takut melangkah. Bekerja dan berbuat itu lebih baik, dari pada cuma tidur-tiduran, kemudian menyalahkan orang lain atas nasib yang dia sendiri tak mau mengubahnya.

Orang semacam ini memang aman dari kritik, tentu saja. Karena tak punya karya. Dia hakikatnya sudah tenggelam dalam palung sejarah. Bahkan mungkin disangka tak pernah ada.  

โ€œAnda tidak harus hebat untuk memulai, tapi Anda harus memulai untuk menjadi orang hebat,” kata Zig Ziglar. ***

_________

Foto ilustrasi: Wali Kota Batam H Muhammad Rudi dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina , saat membantu korban bencana alam di Batam, beberapa waktu lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *