Wagub Marlin Bangga, Inovator Batam Juarai Lomba Teknologi Tepat Guna Kepri

Kabar Baik dari Batam

Wagub Marlin Bangga, Inovator Batam Juarai Lomba Teknologi Tepat Guna Kepri

2 min read

PESERTA DARI Kota Batam berhasil menjuarai lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Wakil Gubernur Hj Marlin Agustina, mengucapkan selamat.

Masing-masing pemenang adalah: Juara I diraih Setrika Wireless Bersuara untuk Penyandang Tunanetra (SweB-Tunanetra) oleh Lindawani Siregar asal Kota Batam.

Juara II Rainzer (Rain Hand Sanitizer) oleh Altaf Haidar Ridwan dan Sandi Pamungkas asal Kabupaten Natuna  

Juara III Tong Ajaib + Maggot Versi 3 oleh Tim Bank Sampah Mitra Bahagia Sejahtera asal Kota Tanjungpinang.

Disusul Juara Harapan I  Pemanfaatan Air Laut dalam Pembuatan Deterjen Bubuk oleh Awanda Diky Saputra dan Fauziah asal Kabupaten Lingga.

Juara Harapan II Budidaya Maggot Berbasis Sistem Pertanian dan Peternakan Terpadu Desa Teluk Bakau asal Kabupetan Bintan.

Juara Harapan III  Penyiram Tanaman Berbasis Internet of Thing (IOT) dan Smartphone oleh Muhammad Faisal Abduh asal Kabupaten Karimun.

“Alhamdulilah program pemberdayaan masyarakat dalam bentuk lomba inovasi TTG Tingkat Provinsi Kepri, Tahun 2021 hari ini telah selesai kita laksanakan serta telah mendapatkan hasil yang objektif dari para tim penilai,” kata Wagub Marlin, saat menutup acara yang dihelat di Hotel Aston Tanjungpinang, Kamis (17/6/2021).

Wagub Marlin berharap, di tahun yang akan datang peserta atau inventor Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri bisa lebih menggali potensi dan kreativitasnya.

Kemudian Wagub Marlin memaparkan beberapa strategi yang dapat dilakukan dalam penggalian potensi masyarakat. Khususnya inovasi TTG.

“Strateginya dapat dilakukan melalui 1 T (tahu) 2 M (mau dan mampu), ATM (amati, tiru dan modifikasi) dan Tangkas (Tanggap, Kuat dan Trengginas),” tutur Wagub Marlin.

Wagub Marlin pun mengapresiasi seluruh pihak yang berpartisipasi dalam lomba ini mulai tim seleksi, tim penilai, peserta, serta panitia pelaksana. Walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19, acara dapat terlaksana dengan mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan ketat. 

“Semoga inovasi TTG yang dihasilkan dari lomba tingkat Provinsi Kepulaun Riau ini dapat bersaing di Tingkat Nasional maupun Internasional,” tutupnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *