I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

1 min read

TOKOH-TOKOH INSPIRATIF umumnya selalu punya skill dalam memberikan feedback konstruktif, baik dalam bentuk komunikasi maupun perbuatan. Tak heran jika tindakannya selalu menginspirasi orang lain.

Para tokoh inspiratif biasanya berkomunikasi dengan “S-O-F-T”. Maksudnya: Specific, Observation-Based, Focus, dan Think of The Best Way.

Specific: yang dia sampaikan murni di inti masalah, sedangkan Observation-Based: bicara dan bertindak berdasar pengamatan langsung atau fakta. Bukan dari “katanya”.

Selanjutnya, Focus: bicara atau tindakannya tak melebar kemana-mana. Misal bahas soal A malah lari B. Jadinya out of context.

Kemudian, Think of The Best Way: Menyampaikan nasihat dengan berakhlak. Manusia inspiratif umumnya tak menggurui, namun memberi teladan. Bahkan adakalanya ia selipkan pertanyaan agar pembicaraannya lebih dua-arah.

Kuasailah empat cara ini, maka kita akan menginspirasi semua orang. Ada quote bagus dari artikel HBR yang ditulis oleh David A Garvin. 

“Jika Anda penasihat, anggap diri Anda sebagai instruktur mengemudi. Sementara Anda memberikan pengawasan dan bimbingan, tujuan akhir Anda adalah untuk memberdayakan ‘si anak didik’ untuk bertindak secara mandiri.” ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *