I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

1 min read

ANDA INGIN DIKENANG hingga ratusan bahkan ribuan tahun? Buatlah karya besar, sehingga nama Anda abadi.

Misalnya pahlawan dengan perjuangannya, ilmuan dengan segenap penemuan dan teorinya, filsuf dan ideolog dengan kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan dan kepercayaannya, dan seterusnya.

Contoh detailnya di China, kaisar Qin Shi Huang menjamin memori abadinya dengan Tembok Besar China dan ribuan tentara Terakota di kuburannya – belum lagi pencapaiannya sebagai pendiri negara.

Atau pada zaman modern, kita mengenal pelopor gerakan antikekerasan dan kesetaraan, Mahatma Gadhi dari India, pejuang antidiskrimnasi Martin Luther King Jr dari Amerika Serikat, pelayan orang miskin lintas agama dan etnis Bunda Teresa dari Calcuta.

Di Indonesia, kita mempunyai Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai tokoh yang memiliki legacy kuat dalam hal toleransi dan anti diskrisminasi. Banyak lagi contoh lainnya.

“Manusia diburu oleh keabadian, dan kita bertanya pada diri sendiri, akankah kita dikenang hingga berabad kemudian? Akankah orang asing yang mendengar nama kita lama setelah kita tiada, ingin tahu siapa kita, betapa gagah berani kita berperang, dan betapa hebatnya kita mencintai?” bunyi opening film “Troy” yang rilis 2004 lalu.

Bagaimana dengan Anda? Sudah siapkah meninggalkan karya besar, melalui serangkaian tantangan agar bisa diingat selama 1.000 tahun dari generasi ke generasi? ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *