Cegah Penyebaran Covid-19, HMR Minta ASN Berjemur dan Matikan AC Kantor

Kabar Baik dari Batam

Cegah Penyebaran Covid-19, HMR Minta ASN Berjemur dan Matikan AC Kantor

2 min read

UNTUK menekan penyebaran Covid-19, Pemko Batam mengeluarkan kebijakan baru. Yakni tidak menggunakan AC di ruang kerja. Tak hanya itu, aparatur sipil negara wajib berjemur di bawah matahari pagi.

“Hal ini sesuai Surat Edaran Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, Nomor 28 Tahun 2021,” jelas Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin Hamid .

SE tersebut, terang Jefridin, sekaligus menindaklanjuti Surat Edaran Wali Kota Batam, Nomor 1 Tahun 2021, tanggal 11 Januari 2021, tentang Penyesuaian Sistem Kerja dan Perubahan Ketiga Belas atas Surat Edaran Wali Kota Batam Nomor 181 Tahun 2020.

“Isinya tentang peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan Covid-19. Sehingga kami perlu menetapkan beberapa aturan baru,” ujar suami Hj Hariyanti Jefridin ini.

Adapun aturan yang ditujukan kepada segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Batam tersebut adalah:

Untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih baik dan menghindari risiko penyebaran virus Covid-19 melalui saluran AC, maka seluruh perkantoran di lingkungan Pemerintah Kota Batam harus membuka jendela selama jam kerja dan tidak menghidupkan AC. 

Selanjutnya, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan (melakukan 4M), rutin berolahraga serta melakukan kegiatan berjemur secara bergantian selama 15 (lima belas) menit, pada pukul 08.00 sampai 09.00 di Lingkungan OPD masing-masing. 

“Pimpinan OPD harus memantau dan memastikan agar kegiatan berjemur dilaksanakan setiap pegawai di Lingkungan OPD-nya,” ingat Jefridin.

Tak hanya itu, pimpinan OPD juga diminta mendokumentasikan (foto) dan melaporkan kegiatan berjemur setiap harinya melalui whatsapp group kepegawaian dan whatsapp group forum OPD.

Terakhir, tidak melakukan kegiatan pertemuan dan rapat dalam ruangan tertutup dalam jumlah orang yang banyak dan dialihkan dengan menggunakan teknologi informasi (IT) seperti: zoom meeting, google meet, microsoft teams dan lain sebagainya. ***

______

Foto: Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *