I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

1 min read

“KEHIDUPAN itu cuma dua hari saja. Satu hari untukmu, satu hari melawanmu. Maka pada saat ia untukmu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Keduanya adalah ujian bagimu,” kata Syaidina Ali bin Abi Thalib. 

Makna luas dari ucapan sahabat Rasulullah ini agar kita menyadari kondisi yang sedang dihadapi. Baik susah maupun senang. 

Tak usah mengejar kesenangan, karena semakin dikejar akan makin tak bahagia. Pun jangan selalu menolak kesusahan, karena semakin ditolak akan semakin menderita.

Bahagia akan datang jika kita mampu menyadari dan menerima hal yang sedang terjadi (baik susah atau senang), lalu berupa menyesuaikan diri dengan keadaan. 

Kehidupan ini berjalan dan mengalir. Semua dapat waktu dan gilirannya masing-masing. Kata Imam Syafi’i, “Tiada kesusahan yang kekal, tiada kegembiraan yang abadi, tiada kefakiran yang lama, tiada kemakmuran yang lestari.” 

Maka itu, saat senang tak usahlah jumawa atau malah zalim hingga berbuah karma. Pun saat susah mending banyak bersabar, berupaya, dan yakin semua akan berlalu. ***

_______

Foto ilustrasi: Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, memasangkan sarung peserta khitanan massal di Kabupaten Lingga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *