I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

1 min read

“MASALAH ADALAH TEMAN, namun masalah adalah musuh,” bunyi terjemah lirik dari lagu “Trouble is A Friend” yang dinyanyikan Lenka. 

Hidup memang semacam ini, tak linier, tak terduga, naik turun. Semua ini dibentuk oleh beragam benturan yang kita sebut masalah, tadi. 

“Hidup yang tak teruji, tak layak dijalani,” kata filsuf Socrates, pada saat pengadilannya atas tuduhan menentang dewa dan merusak generasi muda, yang kemudian membuatnya dijatuhi hukuman mati, seperti yang dijelaskan dalam Apology, Plato (38a5-6).

“Jiwa seseorang tidak akan bersinar terang, kecuali telah mengalami penderitaan. Bukankah kau lihat bumi menjadi indah berbunga melainkan jika telah disiram air hujan?” kata Maulana Jalaludin Rumi.

Toh, emas akan muncul karakternya ketika dibakar terus menerus. Demikian juga intan, akan muncul kecantikannya setelah ditekan habis-habisan. 

Dari sini kita belajar untuk menjadikan repsesi sebagai motivasi. Di sanalah nanti akan membentuk kualitas kita yang sejati. Iri, dengki dan caci maki pasti ada, jawab saja dengan karya. ***

__________

Foto: WAKIL GUBERNUR Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina dan Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, dalam sebuah acara. Mereka sukses berkat kepiawaiannya mengubah represi jadi motivasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *