Begini Aturan Pelaksanaan Salat Iduladha & Qurban di Tengah PPKM Darurat Batam

Kabar Baik dari Batam

Begini Aturan Pelaksanaan Salat Iduladha & Qurban di Tengah PPKM Darurat Batam

1 min read

WALI KOTA BATAM H Muhammad Rudi (HMR) mengeluarkan surat edaran (SE) yang mengatur penyelenggaraan kegiatan ibadah/keagamaan, malam takbiran, salat Iduladha, dan pelaksanaan qurban, Tahun 1442 H/2021 M, selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

SE ini didasarkan kepada Instruksi Menteri Dalam Negeri, Nomor 20 Tahun 2021 dan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia, serta hasil rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kementerian Agama Kota Batam, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam, ormas lintas agama dan tokoh agama pada hari Jumat (9/7/2021).

SE tersebut berbunyi:

1. Selama pelaksanaan PPKM darurat, kegiatan ibadah/keagamaan di masjid/musala ditiadakan, dan mengoptimalkan pelaksanaan ibadah di rumah. 

2. Azan sebagai tanda masuk salat fardhu tetap dikumandangkan.

3. Kegiatan takbiran Iduladha dapat dilaksanakan secara terbatas di masjid/musala dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

4. Pelaksanaan salat Iduladha dilaksanakan di rumah dengan keluarga inti. 

5. Pelaksanaan qurban agar memperhatikan ketentuan: 

a. Pemotongan hewan qurban dilaksanakan pada area yang luas sehingga memungkinkan diterapkannya jarak fisik (physical distancing).

b. Pemotongan hewan qurban hanya boleh dilakukan oleh panitia yang telah divaksin Covid-19, baik dosis pertama atau dosis kedua. Panitia pub harus dinyatakan bebas Covid-19, dibuktikan dengan hasil test antigen yang berlaku 2 x 24 jam.

c. Kegiatan penyembelihan, pengulitan, pencacahan daging dan pendistribusian daging qurban, wajib memperhatikan penerapan protokol kesehatan secara ketat. 

d. Pemotongan hewan qurban hanya disaksikan oleh peserta yang berqurban.

e. Pendistribusian daging qurban dilakukan langsung oleh panitia ke rumah masing-masing penerima. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *