I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

1 min read

“KALAU BEKERJA SEKADAR bekerja, monyet juga bekerja,” kata ulama besar Buya Hamka.

Antara manusia dengan binatang tentu saja memiliki derajat yang berbeda. Termasuk nilai-nilai dalam bekerja. Karena manusia dikarunia akal sehat dan kearifan.

Monyet juga bekerja, namun kerjanya hanya sekadar menjalankan tugas, tanpa memberi nilai plus. Apalagi sampai manfaat besar bagi sesama.

Karena itu sebagai manusia kita harus memberi hasil yang jauh lebih baik. Jangan baru kerja sedikit sudah minta dipuji, lalu ngomong ke mana-mana seolah orang yang paling bekerja keras di dunia.

Kerja capek sedikit itu biasa. Apalagi jika semua keringatnya sudah dibayar dengan fasilitas dan gaji yang besar. Tak usah lebay. Jalani saja dengan ikhlas.

Tak elok juga bekerja tapi menabrak semua aturan. Bahkan angkat kroni sana sini dengan mengabaikan etika dan moral publik. 

Sekali lagi, monyet juga bekerja. Tapi belum ada kisahnya, ada monyet yang obral janji dan setelah hajatnya terpenuhi malah ingkar, dan rakus kekuasaan. Bahkan tega menyingkirkan dan membunuh karakter orang yang telah membantu kesuksesannya.

Ingat, kita adalah manusia yang punya akal Budi. Maka itu, meski sama-sama bekerja, namun kita harus lebih baik dari monyet. 

Bisa kan? ***

______

Foto ilustrasi: Monyet difoto saat sedang bekerja. (sumber Wartakotalive)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *