I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

2 min read

PADA AWAL ABAD ke-20, polio adalah salah satu penyakit paling mengguncang di Amerika Serikat. 

Penyakitnya mudah menyebar dari orang ke orang, dan menyebabkan jutaan warga menderita kelumpuhan, kelelahan, dan kelemahan otot. 

Upaya yang dilakukan oleh lawan yang sangat jauh seperti Jonas Salk, Elvis Presley, dan Presiden Roosevelt akhirnya mengakhiri polio di Amerika. Namun upaya ini bukannya tanpa banyak cobaan dan kesengsaraan.

Saat itu juga dilakukan pembatasan aktivitas masyarakat. Bahkan anak-anak belajar dari rumah dengan bantuan radio. Maklum internet belum ditemukan.

Pasien polio yang paling terkenal adalah Presiden Franklin D. Roosevelt. Dia tertular virus pada tahun 1921 dari sumber yang tidak diketahui dan menderita kelumpuhan permanen serta kehilangan tinggi badan dua inci. 

Bahkan saat menghadapi penyakit ini, dia masih menjadi Gubernur New York pada tahun 1928 sampai tahun 1933, hingga dia terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat. 

Dalam 100 hari pertamanya, Roosevelt membuat program New Deal untuk membantu Amerika pulih dari depresi hebat akibat virus polio.

Setelah dia lumpuh karena polio, Roosevelt terlihat dalam keadaan sehat selama sebagian besar masa kepresidenannya. Faktanya, dia tetap memiliki kekuatan luar biasa di tubuh bagian atas, karena dia harus menggunakannya untuk berkeliling.

Pesan dari kisah ini adalah, pemimpin yang bersemangat dan optimis sangat diperlukan dalam situasi pandemi agar mampu membantu mengobati dan memulihkan ekonomi rakyatnya.

Ingat, masyarakat sudah susah. Jangan lagi dibebani dengan pemimpin yang lemah, letih dan suka curhat, bahkan tidur di kursi empuknya. ***

_____

Dilengkapi sumber: kumparan

Foto ilustrasi: Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, bersama Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, Wakil Wali Kota Batam H Amsakar Achmad, dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Yusfa Hendri, saat meninjau pusat karantina OTG Covid-19 di Asrama Haji Batam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *