I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

1 min read

DI MANA-MANA, dari dunia maya hingga dunia nyata, banyak yang bercerita atau posting tentang penderitaan orang akibat Covid-19. Tak cukup hanya kisah, foto korban saat perawatan pun diunggah ke medsos. 

Sekadar saran, hindari terlalu banyak membaca atau share hal semacam ini. Selain untuk menghormati privasi pasien, juga untuk menjaga pikiran dan perasaan masyarakat agar tak cemas berlebihan, sehingga mempengaruhi kondisi fisik dan kesehatan. Medis menyebut anxiety/psikosomatic. 

Peran pikiran sangat penting dalam proses menjaga kesehatan bahkan untuk proses penyembuhan penyakit. Apalagi di tengah wabah saat ini. 

Sebab, keyakinan negatif akan dapat melemahkan imunitas kita dalam seketika. Inilah yang disebut efek nosebo, kebalikan dari plasebo. Poin ini juga penting bagi yang saat ini menjalani perawatan.

Ibnu Sina atau  Avicenna, seorang bapak kedokteran modern pernah berkata: โ€œKepanikan adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat dan kesabaran adalah awal dari kesembuhanโ€.

Covid-19 itu nyata. Karena itu, daripada sibuk bercerita atau share penderitaan orang akibat Covid-19 (mari hormati privasi pasien), mending kita perbanyak gali informasi atau share tentang cara menghindarinya.

Misal melakukan gaya hidup sehat, atau perkuat disiplin protokol kesehatan: pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan, hindari kerumunan, dan jangan keluar rumah kalau tak ada hal yang sangat penting. Jangan lupa vaksin Covid-19 ya… ***

______

Foto ilustrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *