I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

1 min read

“CINTA ADALAH PENYAKIT. Ia membuat orang lemah di hadapan insan yang dicintainya. Ia menyebabkan candu kehidupan, seakan-akan hidup tak punya arti tanpanya, dan seseorang harus memiliki kebergantungan dengannya.”

Demikian disampaikan Filsuf Jerman, cendekiawan klasik, penyair, dan filsuf, Friedrich Nietzsche. “Oleh sebab itu, aku tak mau terjerat cinta, dan tidak akan menoleransi diriku terjebak cinta untuk selama-lamanya,” lanjutnya.

Nietzsche adalah salah satu pemikir modern paling berpengaruh, yang terkenal karena tulisannya tentang agama, baik dan jahat dan konsep “manusia super” dan “keinginan untuk berkuasa”.

Masih menurut Nietzsche, selalu ada hal-hal tak masuk akal dalam cinta. Namun anehnya, hal-hal tak masuk akal tadi selalu memiliki alasan pembenaran.

Maka itu, seseorang harus belajar mencintai diri sendiri dengan cinta yang sehat, sehingga ia dapat bertahan dengan dirinya sendiri dan tidak perlu berkelana.

Sebab keyakinan yang buta bisa lebih berbahaya daripada sebuah kebohongan.

Mungkin bisa disimpulkan, agar cinta tak jadi penyakit, maka Anda harus paham cara mencintai yang baik dan benar. Bukan tentang apa atau siapa yang Anda cintai. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *