SUDUT METROPOLIS: Taman Rusa Sekupang, Sekeping Pesona di Tengah Kota

Kabar Baik dari Batam

SUDUT METROPOLIS: Taman Rusa Sekupang, Sekeping Pesona di Tengah Kota

2 min read

MESKI BELUM diresmikan, pesona keindahan Taman Rusa Tahap 3, di Sekupang, terus menarik perhatian warga Batam untuk berkunjung.

Seperti pada hari Minggu (9/1/2022) pagi kemarin, banyak warga Batam baik perorangan maupun bersama klub, datang ke taman ini.

Di antaranya adalah Brompton Batam Community (BBC), yang datang khusus merayakan hari ulang tahunnya yang ke-4 di taman ini.

“Ah… Bangga Batam punya taman yang indah begini. Rasanya tak sabar menunggu peresmiannya nih, biar seluruh masyarakat Batam bisa menikmati keindahannya,” ujar salah seorang anggota klub.

Senin (10/1/2022) pagi tadi, Kata Batam melihat langsung keindahan taman yang digagas Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR) ini.

Taman ini dibangun di atas lahan seluas 9 hektare pada tahun 2002 oleh Otorita Batam, hingga Jumat 2 April 2022, Kepala BP Batam yang juga Wali Kota Batam HMR, melanjutkan pembangunan tahap ke-3, yang meliputi kolam bermain anak, taman dan gazebo, kolam ikan dan stonehenge 7.120 M², kolam pancing 2.260 M², dan area parkir 59.010 M².

Semua bangunan tadi, menyatu dengan keindahan alam yang menyuguhkan suasana asri. Sehingga pas menjadi pilihan berwisata bagi semua warga, maupun wisatawan yang melancong ke Kota Batam.

Taman Rusa ini awalnya difokuskan menjadi sarana olahraga bagi para pegawai BP Batam. Hal ini tampak dengan tersedianya Gelanggang Olah Raga (GOR) dan jogging track.

Namun seiring berjalannya waktu, Taman Rusa dialihfungsikan menjadi tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum.

Saat peletakan batu pertama pada April 2021 lalu, HMR mengatakan, Taman Rusa ini adalah salah satu dari 3 kegiatan pembangunan yang dilaksanakan bersamaan.

Tiga kegiatan tersebut adalah pembangunan Taman Rusa tahap 3, Taman Kolam Sekupang tahap 2 dan pembangunan Jalur Sepeda Jalan RE Martadinata Batam Tahap 2 dengan total nilai kontrak sebesar Rp 24 miliar.

HMR menyebutkan, tiga pembangunan ini digesa guna mendukung investasi di Kota Batam, tepatnya Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam yang kini dipersiapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan.

Tujuan kita hanya untuk menciptakan situasi ekonomi yang kondusif, agar investasi di Batam meningkat dan masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan ini,” ungkap HMR saat itu. (sur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *