Kabar Baik dari Batam

KILAS METRO: Ada Pengerjaan Drainase, Lalu Lintas Pelabuhan Batuampar Dialihkan

1 min read

BATUAMPAR- Lalu lintas di depan Pelabuhan Batuampar, mulai Kamis, 3 Februari hingga 22 Maret 2022, untuk sementara dialihkan.

Hal ini dilakukan setelah Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) akan menggali dan memasang box culvert (pelintas air) pada persimpangan lampu merah, tepat di depan pintu masuk Pelabuhan Batuampar.

Rute lalu lintas yang mengalami perubahan itu dari arah Seraya menuju pintu masuk Dermaga Timur dan Dermaga Selatan Pelabuhan Batuampar.

Nantinya pengendara akan dialihkan terlebih dahulu melalui simpang Polsek Batuampar, kemudian putar balik (U-Turn) menuju Pos Polair, tidak jauh dari pintu masuk pelabuhan.

Sedangkan untuk rutedari Dermaga Selatan Pelabuhan Batuampar menuju Seraya, maupun rute dari Jodoh ke Seraya, pengendara hanya dialihkan dari ruas jalan kanan ke ruas jalan kiri.

“Pengerjaannya hingga satu bulan, mulai 3 Februari hingga 22 Maret 2022,” jelas Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait, Rabu (2/2/2022).

Adapun lebar galian mencapai 9 hingga 13 meter, denagn kedalaman lebih kurang 3 meter.

Hal ini dilakukan untuk membangun saluran drainase guna mengantisipasi munculnya genangan air saat turun hujan.

“Pengerjaan ini dilakuan tiga tahap. Yang pertama, 3 hingga 18 Februari, tahap kedua 9 Februari hingga 6 Maret, dan terakhir pada 7 hingga 22 Maret 2022,” ujar Tuty, panggilan akrabnya.

Durasi pengerjaan ini tergantung kondisi cuaca, serta tanah di sekitar area galian yang merupakan tanah timbun, sehingga cenderung lunak saat terendam air hujan.

Belum lagi banyaknya utilitas, seperti saluran pipa air, listrik, dan fiber optik tertanam di area galian.

“Sehingga kami membutuhkan waktu untuk mengurai dan memindahkan pipa-pipa utilitas tersebut,” jelas wanita kelahian Banjarmasin Kalimantan Selatan, ini. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.