Kabar Baik dari Batam

MOTIVASI PAGI: Menumbuhkan Kemanusiaan

1 min read

Wali Kota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR), dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, bersama Ikatan Alumni Universitas Indonesia Kepulauan Riau. HMR & Marlin adalah pemimpin yang selama ini selalu mengedepankan kemanusiaan dengan pendekatan persatuan dalam keragaman.

ADA sebuah metode untuk menganalisa sebuah gerakan atau organisasi. Namanya analisis sebatang pohon.

Disebutkan bahwa pohon itu bisa subur kalau ada akarnya. Inilah yang disebut ideologi. Dari akar akan menumbuhkan batang, ranting, daun dan buah, yang kemudian disebut organisasi.

Yang tak bisa dilepaskan adalah, akar bisa menghujam kokoh jika tanahnya subur. Inilah yang kemudian disebut lingkungan atau masyarakat.

Karena itu pohon tak akan mati jika hanya dahan, ranting atau daunnya yang dipangkas. Ia hanya akan patah tumbuh, hilang berganti.

Karena itu akarnya harus dicabut. Dengan demikian tanah subur itu bisa dimanfaatkan untuk menanam tumbuhan yang lebih bermanfaat.

Dari sini kita melihat bahwa akar sangatlah penting. Namun tanah juga tak kalah pentingnya.

Poin dari uraian ini adalah, kita, masyarakat ibarat tanah yang bisa menumbuhkan beragam ideologi. Maka itu, bijaklah. Jangan asal serap.

Jika akar atau orang tersebut hanya akan menumbuhkan segala jenis kekerasan dan kebencian hingga fitnah, tolak saja. Sebab itu berbahaya bagi kehidupan kita yang sudah ramah dan aman ini.

Bagaimana menurut Anda? (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.