Kabar Baik dari Batam

Jelang Pernikahan Putrinya, HMR & Marlin Gotong Royong Gelar Acara Gantung-gantung

2 min read

ROSEDALE, KataBatam– Wali Kota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR), dan istri, Hj Marlin Agustina yang tak lain Wakil Gubernur Kepulauan Riau, akan menggelar pernikahan anak keduanya, Rani Rafitriyani, dengan Harry Rezeki Utama Siregar.

Sebelum resepsi digelar pada Minggu (31/7/2022) di Golden Prawn, Bengkong, Kota Batam, mulai pukul 09.00 pagi hingga 17.00 sore, beberapa hari lalu di kediaman mempelai perempuan sudah dilakukan acara Gantung-gantung.

Dalam adat istiadat perkawinan Melayu Lingga, kini mencakup Batam dan Kepulauan Riau, Gantung-gantung merupakan kegiatan persiapan dalam adat perkawinan dan pertanda dimulainya acara adat tersebut.

Kegiatan ini biasa mulai dilaksanakan satu atau dua hari, sebelum akad nikah dan pengantin bersanding.

Gantung-gantung dimulai pada pagi hari, diawali dengan pembacaan doa selamat. Selanjutnya orang-orang yang bergotong-royong membantu Gantung-gantung memulai kerja dengan menggantung tabir atau langit-langit untuk menghias rumah pengantin.

Kegiatan dilanjutkan dengan memasang tempat pengantin bersanding, menyiapkan bahan makanan untuk hidangan para undangan dan lainnya.

Dalam acara ini, tampak HMR dan Marlin bergotong royong menggantung hiasan di dinding rumahnya.

Hakikat dari acara gantung-gantung adalah sebagai tanda dimulainya acara pernikahan dan mengharapkan kegiatan ini mendapatkan ridho dari Allah.

Rani sendiri, saat ini berdinas sebagai aparatur sipil negara di Pemerintah Kota Pemko, sedangkan calon suaminya, Harry, adalah seorang Kapten Infanteri TNI Angkatan Darat. Ia adalah putra dari Zukbakti Siregar dan Rismawati Lubis.

Via akun Instagramnya, Wagub Marlin mengundang masyarakat untuk hadir di resepsi pernikahan tersebut.

“Teman-teman kalau mau hadir di resepsi pernikahan anak saya di Golden Prawn, silakan. Tapi harus jaga Protokol Kesehatan Covid-19,” undangnya. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.