Kabar Baik dari Batam

Cepat & Akurat, Pemko Batam Tingkatkan Kualitas Pelayanan Informasi Pejabat PPID

2 min read

ENGKU PUTRI, KataBatam– Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemko Batam menggelar Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Aula Kantor Wali Kota Batam, Batamcenter, Jumat (5/8/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh para Sekretaris Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, dan kepala bagian di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Batam, sebagai PPID Pembantu, juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo Azril Apriansyah selaku PPID Utama.

Adapun narasumber yang dihadirkan dari Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Kepulauan Riau dan dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Yusfa Hendri.

“Dalam trend dunia global saat ini kecepatan menjadi fokus utama dalam pelayanan. Sebuah perusahaan baru menjadi besar dan maju jika paling cepat dalam memberikan pelayanan,” ujar Yusfa Hendri dalam sambutannya.

Untuk itulah Yusfa mengingatkan para pejabat yang melaksanakan tugas PPID di lingkungan Pemko Batam, untuk mengedepankan kecepatan dalam melayani kebutuhan informasi masyarakat.

Mereka juga dituntut untuk terus mempelajari aturan-aturan terkait keterbukaan informasi terutama informasi-informasi yang dapat dikecualikan.

“Informasi itu kebutuhan pokok, bahkan sudah menjadi hak asasi manusia. Jadi, kita perlu mengelola ini sebagai bagian dari kewajiban tugas pelayanan kepada masyarakat,” tegas dia.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Azril Apriansyah menjelaskan bahwa sosialisasi terkait PPID sudah lama tidak dilakukan sejak pandemi Covid-19. Sosialisasi itupun diharapkan mampu kembali menyegarkan fungsi dan peran PPID.

“Kita menghadirkan narasumber dari Komisi Informasi, untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan informasi oleh PPID. Dengan pelayanan yang baik, harapan kita tidak perlu adanya sengketa informasi yang sampai diproses di Komisi Informasi,” urai Azril.

Adapun narasumber yang dihadirkan keseluruhan komisioner KIP. Mereka adalah Ketua KIP Endra Mayendra dan anggota Komisi lainnya yakni; M Djuhari, Ferry M Manalu, Hamdani, dan Jazuli. (MC/ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.