Kabar Baik dari Batam

Rumah Restorative Justice jadi Lompatan Besar Penegakan Hukum Humanis di Batam

1 min read

𝑌𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑚𝑢𝑛𝑔𝑘𝑖𝑛𝑘𝑎𝑛 𝑝𝑒𝑟𝑑𝑎𝑚𝑎𝑖𝑎𝑛 𝑠𝑢𝑎𝑡𝑢 𝑝𝑒𝑟𝑘𝑎𝑟𝑎 𝑝𝑖𝑑𝑎𝑛𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑠𝑖𝑓𝑎𝑡𝑛𝑦𝑎 𝑟𝑖𝑛𝑔𝑎𝑛, 𝑚𝑎𝑘𝑎 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑝𝑒𝑟𝑙𝑢 𝑑𝑖𝑏𝑎𝑤𝑎 𝑘𝑒 𝑃𝑒𝑛𝑔𝑎𝑑𝑖𝑙𝑎𝑛.

LAM BATAM, KataBatam– Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), meresmikan Rumah Restorative Justice “Perdamaian Adhyaksa” Kecamatan Se-Kota Batam, di gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Batam, Selasa (16/8/2022).

Peresmian ditandai dengan pembukaan tabir oleh Wali Kota Batam HMR bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Batam Herlina Setyorini.

Dalam kesempatan itu HMR mengajak semua elemen masyarakat untuk menjaga Kota Batam tetap aman dan tentram, dari hal-hal yang melanggar hukum.

“Mari kita jaga Kota Batam ini agar terus damai dan aman untuk masyarakat Kota Batam,” ujar HMR.

HMR sangat mendukung program Rumah Restorative Justice yang merupakan implementasi dari Kejari Batam dalam upanya memberikan keadilan restoratif bagi setiap warga.

“Harapannya, hal ini bisa menjadi solusi cepat dalam penyelesaian tindak pidana yang dikategorikan ringan tanpa harus ke meja hijau atau persidangan,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Kajari Herlina mengatakan, Rumah Restorative Justice atau Keadilan Restorative, merupakan tindak lanjut dari Peraturan Kejaksaan RI Nomor 15 Tahun 2020. Yang memungkinkan perdamaian suatu perkara pidana yang sifatnya ringan, maka tidak perlu dibawa ke Pengadilan.

“Jadi yang memenuhi persyaratan kita selesaikan di Rumah Restorative Justice ini, tidak dilimpahkan ke pengadilan,” ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR) yang memberikan dukungan penuh atas terealisasinya Rumah Restorative Justice di semua kecamatan yang ada di Kota Batam.

“Terimakasih kepada Pak Wali, hari ini kita resmikan bersama Rumah Restorative Justice se-Kecamatan Kota Batam,” ujarnya. (sur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.