Kabar Baik dari Batam

INSPIRASI PAGI: Cerdas Saja Tak Cukup

1 min read

WILLIAM James Sidis, orang paling cerdas yang pernah berjalan di Bumi. Pria yang dilahirkan di Kota New York, Amerika Serikat, pada 1898 ini memiliki IQ mencapai 260. Jauh di atas Albert Einstein yang “hanya” ber-IQ 160.

Di usianya yang baru 18 bulan, ia sudah bisa membaca koran The New York Times. Pada usia 8 tahun, ia belajar sendiri bahasa Latin, Yunani, Prancis, Rusia, Jerman, Ibrani, Turki, dan Armenia. Selain itu, ia juga menciptakan bahasa sendiri dan menyebutnya “Vendergood.”

William menjadi orang termuda yang diterima di Harvard pada 1909. Pada 1910, pengetahuannya tentang matematika memuncak begitu banyak. Dia menyelesaikan gelar sarjana seni pada usia 16.

Namun William menghabiskan hidupnya dalam keadaan hancur dan benar-benar kesepian. Terasing dari keluarganya,

Orang yang bisa mengubah dunia itu meninggal dalam kematian yang malang pada usia 46 tahun sebagai bukan siapa-siapa, menderita pendarahan otak pada 1944.

Dari sini kita belajar bahwa kesuksesan, bahkan kebahagiaan hidup tak hanya tergantung dari kecerdasan intelektual semata. Ada banyak faktor lain yang menentukan, seperti kegigihan, kemampuan melihat peluang, kemampuan berelasi, hingga kecerdasan sosial.

Bagaimana menurut Anda?(ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.