Kabar Baik dari Batam

Jefridin Langsung Turun Tangan, Kini Birokrasi Pemko Batam Lebih Simple & Efektif

2 min read

TAK BERBELIT-BELIT: Sekda Jefridin, didampingi Kabag Organisasi Rudi Panjaitan, di sela rapat Implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB Nomor 7 Tahun 2022 di lingkungan Pemko Batam, Kamis (19/1/2023).

ENGKUPUTRI, KataBatam- Bukan zamannya lagi membuat urusan berbelit-belit. Rantai birokrasi harus dipangkas. Sebab seiring kemajuan zaman, semua harus sederhana dan mudah.

Inilah yang kini ditingkatkan Pemerintahan Kota Batam, guna merespon Implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB Nomor 7 Tahun 2022 di lingkungan Pemko Batam.

Kamis (19/1/2023), Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam H Jefridin, turun langsung memimpin rapat implementasi peraturan menteri tersebut, diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Batam.

“Implementasi Peraturan Menteri ini membahas sistem kerja pada instansi Pemerintah untuk penyederhanaan birokrasi di lingkungan Pemko Batam,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Jefridin memeriksa penyusunan standar prosedur operasional (SOP) dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Batam, yang disesuaikan dengan proses bisnis masing- masing perangkat daerah atau unit kerja.

โ€œKita berharap pertemuan hari ini yang belum di buat SOP segera dibuat, dan yang sudah terima kasih harap segera dilaksanakan. Sehingga kerja kita teratur dan terarah,โ€ ujar suami Hj Hariyanti Jefridin ini.

Selanjutnya juga dibahas mengenai pelaporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), dengan target sesuai Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Batam, yang mengamanahkan Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik Pemko Batam minimal 88,32.

โ€œKetiga hasil evaluasi budaya kerja ASN
indeks berakhlak yaitu berorientasi, pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolatif, Pemko Batam dengan 44 perangkat daerahnyaโ€ tambah Jefridin.

๐—›๐—ฎ๐—ฝ๐˜‚๐˜€ ๐—ž๐—ผ๐—ผ๐—ฟ๐—ฑ๐—ถ๐—ป๐—ฎ๐˜๐—ผ๐—ฟ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฆ๐˜‚๐—ฏ ๐—ž๐—ผ๐—ผ๐—ฟ๐—ฑ๐—ถ๐—ป๐—ฎ๐˜๐—ผ๐—ฟ
Sementara itu Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Batam Rudi Panjaitan mengatakan, penyesuaian tugas pokok dan fungsi seluruh perangkat daerah, sudah sesuai tindak lanjut penyesuaian sistem kerja.

Penyesuaian tersebut menghapus koordinator dan sub koordinator, guna penyederhanaan birokrasi sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB Nomor 7 Tahun 2022.

โ€œDihapus dan diganti dengan tim kerja yang terdiri atas ketua tim, dan anggota tim. Tujuannya mewujudkan proses kerja yang efektif dan efisien, mengoptimalkan sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi,โ€ jelas Rudi Panjaitan. (ski)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.