Kabar Baik dari Batam

Musrenbang di Galang, HMR Bagi 171 Sertifikat Tanah, Gerakkan Ekonomi Hinterland

2 min read

BERI BUKTI: Wali Kota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR), didampingi Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, membagikan sertifikat tanah kepada warga Kelurahan Karas, usai Musrenbang di wilayah Kecamatan Galang itu, Selasa (24/1/2023).

KARAS, KataBatam- Alhamdulillah, syukur tak terkira, ratusan warga Kelurahan Karas, Kecamatan Galang, menerima sertifikat tanah gratis dari Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), Sebagai legalitas kepemilikan lahan.

171 sertifikat tanah gratis tersebut dibagikan HMR bersama Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, di sela menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Kota Batam, di Kelurahan Karas, Kecamatan Galang, Selasa (24/1/2023) pagi.

Usai dari Karas, HMR dan Marlin yang juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Batam, lanjut Musrenbang Kelurahan Pulau Abang dan Galang Baru, yang juga masih wilayah Kecamatan Galang.

Musrenbang kian komplet, sebab HMR yang juga Kepala Badan Pengusahaan Batam ini, mengajak segenap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Batam.

Bahkan sejumlah annggota DPRD Batam maupun Kepri, ikut bersama. Tentu juga Camat Galang Ute Rambe, sebagai tuan rumah.

Alhasil, masukan dan usulan dari warga, langsung bisa ditindaklanjuti. Salah satunya permintaan pembangunan pelabuhan dan menambah ruang kelas baru di salah satu sekolah di Kelurahan Karas.

“Nanti Dinas Perhubungan dan Dinas Pendidikan langsung tindak lanjuti usulan ini di tahun 2024,” ujar HMR, sembari mengarahkan pandangan kepada kedua kepala dinas yang hadir.

Hal itu dilakukannya tidak lain adalah bukti bahwa Pemko Batam tidak hanya memberikan perhatian kepada masyarakat pusat kota saja tapi juga masyarakat di Hinterland.

HMR juga memastikan anggaran anggaran Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan (PSPK) di Karas sama dengan kelurahan-keluarahan lainnya, yakni Rp3,5 milar.

“Jadi anggaran PSPK ini untuk membangun infrastruktur di wilayah bapak dan ibu,” ujarnya.

𝗧𝗲𝗿𝘂𝘀 𝗠𝗲𝗺𝗯𝗮𝗻𝗴𝘂𝗻 𝗜𝗻𝗳𝗿𝗮𝘀𝘁𝗿𝘂𝗸𝘁𝘂𝗿

Musrenbang merupakan salah satu kegiatan rutin Pemko Batam yang dilaksanakan setiap awal tahun. Tujuannya untuk menampung aspirasi atau usulan pembangunan dari masyarakat.

“Menampung aspirasi dari bawah, mulai dari tingkat RT, RW dan berlanjut hingga kelurahan, kecamatan hingga kota,” terang HMR.

Dalam Musrenbang tersebut, suami Hj Marlin Agustina ini juga mengungap alasanya kenapa saat ini Pemko Batam maupun BP Batam terus fokus membangun infrastrukur. Mulai dari jalan, bandara, pelabuhan dan sektor lainnya.

Hal itu bagian dari upaya mendongkrak dan menggerakkan ekonomi Kota Batam. Sehingga pendapatan asli daerah (PAD) Kota Batam dapat terus meningkat.

“Sumber PAD harus banyak agar pembangunan bisa berjalan. Kalau PAD Batam terus meningkat pasti manfaatnya juga akan sampai ke sini,” kata HMR.

Karena itu, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus dapat mendukung pemerintah dalam membangun Kota Batam. Sehingga apa yang telah direncanakan dapat direalisasikan dengan baik.

“Saya juga mengajak untuk kita semua dapat terus berkreasi dan berinovasi,” ujarnya. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.