15 Juli 2024

Kabar Baik dari Batam

Agar BLUD Keren, Jefridin: Ciptakan Inovasi, Bikin Warga Nyaman Berobat di Puskesmas

BLUD KEREN: Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, membuka sosialisasi TPAKD, Asistensi dan Implementasi Pengelolaan Keuangan BLUD di Planet Holiday Hotel & Residence, Jodoh, Rabu (10/7/2024).

JODOH, KataBatam- Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, membuka sosialisasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), Asistensi dan Implementasi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Planet Holiday Hotel & Residence, Jodoh, Rabu (10/7/2024).

Selaku Koordinator TPAKD Kota Batam, Jefridin mengajak seluruh Perangkat Daerah pengelola BLUD di lingkungan Pemerintah Kota Batam, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Atas nama Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Batam, yang sudah menaja kegiatan ini,” ujarnya mengawali sambutan.

Ia mengatakan, saat ini sudah terdapat 21 Puskesmas sebagai BLUD di Kota Batam. Dalam hal ini, layanan kesehatan diberikan keleluasaan dalam konteks mengelola baik dari sisi sumber daya manusia (SDM) hingga penganggaran.

Sehingga Puskesmas sebagai BLUD, diberikan kebebasan dalam meningkatkan pelayanannya ke masyarakat.

Puskesmas akan mengelola sendiri keuangannya, tanpa memiliki ketergantungan ke Pemko dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih maksimal terhadap Masyarakat.

Menurutnya, BLUD dalam pengelolaannya di setiap Perangkat Daerah tidak sama. Dengan BLUD ini diharapkan pengelolaan keuangannya menjadi lebih fleksibel.

“Pengelolaan keuangannya pun berbeda dengan APBD, kita harus menunggu dianggarkan untuk membeli peralatan medis. Pada pengelolaan BLUD, sepanjang uangnya ada silakan dugunakan dengan catatan tidak untuk mencari keuntungan,” jelasnya.

Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini dapat menghilangkan kekakuan dalam pengelolaan BLUD di masing-masing unit kerja.

Kepada narasumber Ia meminta agar dapat memberikan materi kepada peserta. Sehingga dapat memberikan solusi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Jika ada hal yang kurang dipahami tolong ditanyakan keada narasumber. Bagaimana pelayanan kita keren, sehingga masyarakat merasa terlayani dengan baik dan nyaman saat berobat di puskesmas. Ciptakan inovasi, layani orang dengan baik dan senyum,” pesannya. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.