13 April 2024

Kabar Baik dari Batam

Dekranasda Kembangkan Kualitas Fashion Designer & Perajin Batik agar Jadi Trendsetter

TRENDSETTER: Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, foto bersama usai membuka Pelatihan Fashion Design bagi Fashion Designer dan Perajin Batik di Kota Batam, di Harmoni One, Batamcenter, Jumat (23/2/2024)

BATAMCENTER, KataBatam- Fashion designer dan perajin batik di Kota Batam harus memiliki wawasan tentang dunia yang digelutinya. Juga, harus mengembangkan kualitas diri selaku pelaku industri kreatif sehingga produknya menjadi trendsetter!

Inilah latar belakang digelarnya Pelatihan Fashion Design bagi Fashion Designer dan Perajin Batik di Kota Batam, di Harmoni One, Batamcenter, Jumat (23/2/2024)

Pelatihan ini digelar selama lima hari mulai tanggal 23 sampai 27 Februari 2024, dan diikuti 40 industri kecil menengah (IKM) yang berasal dari pelaku IKM fesyen, IKM batik dan fesyen model binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam.

Pelatihan ini dibuka langsung Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, mewakili Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), dan Ketua Dekranasda Kota Batam, sekaligus Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina.

“Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan antara fashion designer dan pengrajin batik dapat saling bersinergi dalam merancang produk pakaian jadi atau produk fashion di Kota Batam,” tegas Jefridin.

Dengan sinergi tersebut, diharapkan menghasilkan produk batik yang dapat mendorong perkembangan industri busana, khususnya di Kota Batam.

Kepada peserta, jug diharapkan dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu yang diperoleh dari narasumber.

Diakuinya bahwa motif batik Batam yang dihasilkan oleh Pengerajin Batik sudah beragam. “Teruslah berkreasi dan berinovasi untuk berbuat yang terbaik bagi kota ini,” dorong Jefridin.

Menurutnya, Batam sebagai kota meeting, insentive, convention dan exibithion (MICE), manfaatkan kesempatan ini untuk menciptakan rancangan yang diminati dan sesuai trend.

“Sehingga diminati pasar terutama bagi pengunjung yang datang ke Batam,” ujar pria yang mengoleksi batik Batam ini.

Ketua pelaksana pelatihan Fashion Designer, Gufron menjelaskan, kegiatan ini menghadirkan narasumber Taruna Kusumaryuda dari Indonesia Fashion Chamber (IFC) Jakarta, dan Ridhani Agustina.

Pelatihan yang diselenggarakan atas kerjasama antara Dekranasda Kota Batam dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam ini diharapkan dapat menambah wawasan peserta, sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman dan beradaptasi pada kebutuhan pasar atau tren.

“Semoga melalui pelatihan ini seluruh pelaku IKM/UKM Kota Batam di bidang fesyen dapat meningkatkan daya kreativitasnya. Sehingga industri ini berkembang pesat di Kota Batam,” tuturnya. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.