24 Juni 2024

Kabar Baik dari Batam

INSPIRASI JUMAT: Masjid, Sajada-Yasjudu

UNTUK kaum Muslimin, jangan lupa siang nanti Jumatan di masjid. Ah… Masjid. Berdasarkan etimologinya, “masjid” berasal dari bahasa Arab “sajada-yasjudu”, yang berarti bersujud atau menyembah.

Dikutip dari buku Ensiklopedi Islam terbitan PT Ichtiar Baru Van Hoeve Jakarta, fungsi masjid yang sesungguhnya dapat dirujuk pada sejarah masjid paling awal, yaitu penggunaan masjid pada masa-masa al-khulafaa-ar Rasyidun dan seterusnya.

Pada masa-masa itu masjid paling tidak mempunyai dua fungsi, yaitu fungsi keagamaan dan fungsi sosial. Sehingga masjid bukan hanya tempat salat, tapi juga lembaga untuk mempererat hubungan dan ikatan jamaah Islam yang baru tumbuh.

Rasulullah Muhammad SAW, mempergunakan masjid sebagai tempat untuk menjelaskan wahyu yang diterimanya, memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan para sahabat tentang berbagai masalah, memberi fatwa, serta mengajarkan agama Islam.

Tak hanya itu, juga membudayakan musyawarah, menyelesaikan perkara-perkara dan perselisihan-perselisihan, tempat mengatur dan membuat strategi militer dan tempat menerima perutusan-perutusan dari Semenanjung Arabia.

Namun sekali lagi, fungsi utamanya adalah sebagai tempat beribadah kepada Allah SWT, khususnya untuk mengerjakan salat.

Karena masjid adalah Baitullah (rumah Allah), maka orang yang memasukinya disunahkan mengerjakan salat Tahiyyatul Masjid (menghormati masjid dua rakaat).

Nabi Muhammad SAW bersabda, ”Jika salah seorang kamu memasuki masjid, jangan dulu duduk sebelum mengerjakan salat dua rakaat.” (HR Abu Dawud).

Ayo ke masjid, inilah tempat di dunia yang merindukan tangisan dan doa kita untuk berserah diri kepada Allah SWT.

Bagaimana menurut Anda? (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.