13 April 2024

Kabar Baik dari Batam

INSPIRASI PAGI: Menyambut Momentum

SELAMAT TAHUN BARU 2024: Wali Kota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR), bersama Kapolda Kepri Irjen Yan Fitri Halimansyah, menyapa ribuan masyarakat Kota Batam yang memadati pergelaran Kenduri Akhir Tahun, menyambut pergantian tahun baru 2024, di Dataran Engkuputri, Batamcentre, Minggu (31/12/2023) malam.

CENDEKIAWAN & budayawan Emha Ainun Najib pernah berkata, “Kekuatan akan kalah dengan kecepatan dan kecepatan kalah dengan adanya momentum.”

Setiap benda yang bergerak akan memiliki kekuatan gerak yang disebut momentum. Itulah mengapa dalam kehidupan, momentum selalu dijadikan landasan dalam memulai sebuah perubahan. Bahkan berperan besar dalam keberhasilan.

Mengapa momentum itu penting? Karena pada saat-saat itulah state of mind seseorang atau sekelompok orang sedang di puncak kesiapan menerima sesuatu. Ibarat gelas kosong yang sangat siap untuk diisi minuman apapun.

Dengan momentum, maka kepercayaan diri, efikasi diri, kinerja dan kesuksesan, kohesi tim, hingga kompetensi akan meningkat.

Misal, kita memang bisa jualan lilin kapan saja. Namun akan laris jika terjadi momentum pemadaman listrik bergilir.

Dalam dunia olahraga, juga dikenal istilah “hot hand myth” atau “positive momentum”, yang terkait erat dengan teori “kesuksesan melahirkan kesuksesan.”

Artinya, ketika seseorang meraih serangkaian kesuksesan, kemungkinan besar mereka akan terus mengalami kesuksesan. Sayangnya, berbeda dengan momen, momentum berlangsung sangat, sangat, sangat singkat.

Itulah pentingnya kita memiliki kepekaan (awareness) dalam mendeteksi adanya momentum. Dengan begitu momentum bisa dimanfaatkan, bahkan diciptakan guna menyukseskan program kerja atau resolusi hidup kita di tahun 2024 ini.

Bagaimana menurut Anda? (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.