15 Juli 2024

Kabar Baik dari Batam

INSPIRASI PAGI: Merawat Demokrasi

merawat demokrasi

SALAM TAKZIM: Wali Kota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR), mengucapkan terima kasih kepada wartawan yang mewawancarainya di Mapolresta Barelang, Minggu (10/9/2023) malam. HMR gigih merawat demokrasi dalam mengakomodasi beragamnya kepentingan dan aspirasi masyarakat.

SILA keempat dalam Pancasila adalah “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan, dalam Permusyawaratan/Perwakilan.”

Beginilah demokrasi bekerja: kita saling berbicara, berdialog, berunding, urun rembuk atau mengatakan dan mengajukan sesuatu dalam kerangka musyawarah.

Dialog, dialektik atau komunikasi dua arah, adalah cara-cara intelektual dalam “mempertengkarkan” ide dan gagasan. Bukan caci maki, menyerang pribadi atau ad-hominem.

Ingat nyinyir tak sama dengan kritis, kebebasan berpendapat bukan berarti kita bebas menebar kebencian, hinaan, hasutan dan berita bohong. Apalagi sampai melakukan perundungan hingga kekerasan.

Mari kita rawat demokrasi dengan penuh tanggung jawab. Karena ini adalah sarana untuk memberikan rasa aman, nyaman, dan keadilan bagi kita semua.

Bapak Proklamator, Mohammad Hatta, pernah berkata, “Demokrasi hanya berjalan kalau disertai rasa tanggung jawab. Tidak ada demokrasi tanpa tanggung jawab. Dan, demokrasi yang melewati batasnya dan meluap menjadi anarki akan menemui ajalnya dan digantikan sementara waktu oleh diktator.”

Bagaimana menurut Anda? (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.