15 Juli 2024

Kabar Baik dari Batam

Jefridin Pimpin Upacara Hari Pancasila & Lingkungan Hidup di Bawah Guyuran Hujan

KOMPAK: Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, menyalami unsur Forkopimda Kota Batam, sebelum memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kota Batam, Tahun 2024 sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sabtu (1/6/2024).

ENGKU PUTRI, KataBatam- Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, mewakili Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kota Batam, Tahun 2024 sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sabtu (1/6/2024).

Pantauan KataBatam di lokasi, Dataran Engku Putri, Batamcenter, kondisi cuaca gelap oleh mendung. Sekitar pukul 07.00 WIB hujan mulai turun dan lebat. Namun, upacara tersebut tetap berlanjut.

Upacara ini dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam, pejabat pemerintah daerah, anggota TNI dan Polri, instansi vertikal, hingga para pelajar. Yang dahsyat, meskipun diguyur hujan deras, semangat peserta upacara tetap tinggi.

“Hari ini merupakan saat yang tepat untuk merefleksikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila, yang menjadi dasar ideologi negara kita,” ujar Jefridin dalam sambutannya, menyampaikan amanat dari Wali Kota Batam HMR.

Dia juga mengingatkan agar meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan hidup, yang merupakan warisan penting bagi generasi mendatang.

Tambahnya, Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, mengajarkan tentang pentingnya persatuan, keadilan, dan kemanusiaan. Nilai-nilai ini sangat relevan dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Sebagai warga Batam, ia mengajak untuk terus mengamalkan sila-sila Pancasila dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar.

Adapun tema peringatan tahun ini “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”. Hal ini mengingatkan sekaligus mengajak masyarakat untuk menyelesaikan akar masalah krisis iklim, yang harus dilakukan dengan inovasi.

Selanjutnya harus dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan, serta harus mengedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas.

“Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup ini, saya mengajak seluruh masyarakat Kota Batam untuk lebih peduli dan aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan,” ajaknya.

Menurutnya, perubahan iklim, polusi, dan kerusakan alam adalah masalah nyata yang membutuhkan perhatian serius dari masyarakat semua.

“Kita harus mulai dari hal-hal kecil, seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, melakukan daur ulang, dan menjaga kebersihan tempat tinggal kita,” lanjut Jefridin.

Ia berharap melalui peringatan Hari Pancasila dan Hari Lingkungan Hidup ini, masyarakat Batam semakin termotivasi untuk berperan aktif dalam mewujudkan cita-cita bangsa yang berlandaskan Pancasila dan berwawasan lingkungan.

“Terima kasih, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan berkah dan perlindungan-Nya kepada kita semua,” tutup Jefridin. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.