15 Juli 2024

Kabar Baik dari Batam

Dekatkan Budaya Melayu, Jefridin Tunjuk Ajar Tepuk Tepung Tawar kepada Murid SD

BATUAMPAR, KataBatam- Bersama murid-murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 003 Batuampar, Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, turut memperagakan prosesi tepuk tepung tawar.

Peragaan prosesi ini dibawakan oleh siswa kelas 3 dan kelas 4 di acara Dies Natalis Program Sekolah Penggerak (PSP) dan Gelar Karya P5 di SDN 002 Batu Ampar, Kamis (30/5/2024).

“Sebagai pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM), prosesi tepuk tepung tawar yang tadi dipraktikkan oleh ananda semuanya benar. Mulai dari bahan yang digunakan sampai dengan rangkaian proses tepuk tepungnya sudah benar,” pujinya di hadapan kepala sekolah, guru, wali murid dan pelajar.

Jefridin mengapresiasi dan berterima kasih kepada guru yang sudah mentransformasikan Budaya Melayu kepada para siswa.

Terlebih prosesi tepuk tepung tawar ini selalu dipergunakan di dalam tiap acara di tengah masyarakat. Dengan diperkenalkannya Budaya Melayu ini, diharapkan anak-anak tahu dan paham akan budaya Melayu.

“Dengan keberhasilan anak-anak kita memeragakan prosesi tepuk tepung tawar. Artinya LAM, Dinas Pendidikan dan masyarakat berhasil membudayakan tepuk tepung tawar di tengah anak didik. Tentunya agar budaya tidak hilang,” ujar mantan guru ini.

Kepada wali murid, Jefridin juga mengucapkan terima kasih karena sudah menitipkan anak-anaknya di SD Negeri 002 Batuampar.

Harapannya, semoga ke depan menjadi anak-anak yang berkarakter dan membangun dirinya menjadi orang yang sukses.

“Terima kasih kepada orang tua yang sudah mendukung kurikulum yang ada di sekolah ini. Sehingga anak-anak dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuannya dalam kehidupan dan pastinya akan berguna bagi anak-anak Kita nantinya,” katanya di akhir sambutan. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.