23 Juli 2024

Kabar Baik dari Batam

Kak Jefridin Bangun Solidaritas Mabigus SD/MI Se-Kwarran Bengkong: Kuncinya Kolaborasi

RAPATKAN BARISAN: Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Batam Kak H Jefridin, rapatkan barisan di sela membuka Mabigus, dan Pembina Gugus Depan SD/MI Se-Kwarran Bengkong, Tahun 2023, di Golden Prawn, Bengkong, Rabu (6/9/2023).

BENGKONG, KataBatam– Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam Kak H Jefridin, membuka Orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus), dan Pembina Gugus Depan SD/MI Se-Kwartir Ranting (Kwarran/tingkat kecamatan) Bengkong, Tahun 2023, di Golden Prawn, Bengkong, Rabu (6/9/2023).

Selaku Ketua Kwarcab, Kak Jefridin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kwarran Bengkong yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Sekretaris Daerah Kota Batam ini bahkan memberikan motivasi terkait Kepramukaan kepada Mabigus dan Pembina Gugus Depan tersebut.

“Sebagai Mabigus dan Pembina Gugus Depan harus memahami tugas, peran dan fungsinya. Kakak-kakak juga harus paham akan anggaran dasar dan rumah tangga,” ujarnya.

Katanya, Mabigus yang dijabat oleh para kepala sekolah memiliki peran penting dalam mendukung kegiatan Pramuka di pangkalan sekolah.

Ia menyampaikan, Mabigus harus melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai ketentuan Undang-undang.

“Peran tersebut yakni berupa dukungan agar kegiatan Pramuka sebagai wadah pembinaan karakter generasi bisa berjalan dengan eksis,” sebutnya.

Untuk mencapai tujuan kepramukaan ini, tidak bisa dilakukan sendiri melainkan dengan berkolaborasi. Antara Mabigus, Gugus Depan dan Kwarran harus bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

“Dengan demikian tujuan untuk membentuk karakter, kepribadian, dan keterampilan generasi muda dapat tercapai. Gunakan amanah ini sebagai tempat untuk ladang pengabdian,” ujarnya memotivasi.

Ketua Panitia Kegiatan Orientasi Mabigus SD/MI Se-Kwartir Ranting Bengkong Tahun 2023, Kak Nasikin, menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda dan program Kelompok Kerja (Pokja) Kepsek se Kecamatan Bengkong. Kegiatan ini diikuti oleh 90 orang peserta.

Orientasi ini diselenggarakan dengan berkolaborasi dengan Kwartir Ranting (Kwarran). Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan, menyinergikan antara program di sekolah dengan Kwarran.

“Kami di Kecamatan Bengkong ingin bersatu dengan Kwarran, karena Pramuka adalah bagian dari intrakurukuler di sekolah. Karena Pramuka juga menjadi ekstrakurikuler wajib,” lapornya selaku Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S). (ski)

Baca Juga: Bawa Tim, Kak Jefridin Tunjukkan Darma dan Kepedulian Pramuka di Belakangpadang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.