21 Mei 2024

Kabar Baik dari Batam

INSPIRASI IDULFITRI: Bersama & Bersatu

DI ANTARA beragam hikmah Idulfitri adalah, hikmah kebersamaan dan persatuan yang begitu kental, begitu terasa dan begitu indah. Semua nuansa ini dipupuk selama Ramadan.

Kebersamaan umat tersebut tampak saat mengawali puasa, tarawih berjemaah, tadarus di masjid, berbuka, beri’tikaf bersama, berzakat fitrah, dan ber-Idulfitri bersama.



Jika benar-benar dioptimalkan, maka Ramadan dengan segala amaliah istimewanya ini, menjadi momentum terbaik bagi peleburan dan penghapusan dosa yang mengotori hati dan jiwa serta membebani diri kita selama ini.

Maka itu saat lebaran tiba, hikmah pertama yang tampak sangat menonjol adalah kegembiraan dan kesyukuran. Hal ini memang dibenarkan bahkan disunnahkan untuk meyambutnya dengan bergembira, berbahagia, dan bersuka cita.

Tak hanya itu, saat menyambut Idulfitri, disunnahkan bagi umat Islam untuk banyak mengumandangkan takbir, tahlil, tasbih, dan tahmid sebagai bentuk penegasan dan pembaharuan deklarasi iman dan tauhid.

Hikmah yang lainnya adalah, hadirnya Idulfitri bermakna kembalinya kaum muslimin kepada fitrah dan kesucian.

Karena itulah, saat Idulfitri umat Islam saling mengucap doa kepada sesamanya, “ja’alanallaahu minal ‘aidin wal faizin”, yang artinya, “semoga Allah menjadikan kita termasuk dalam golongan orang-orang yang kembali dan orang-orang yang memperoleh kemenangan”.

Bagaimana menurut Anda? (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.