21 Mei 2024

Kabar Baik dari Batam

INSPIRASI PAGI: Utamakan Esensi

ESENSI: Wali Kota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR), dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, foto bersama Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin dan keluarga dalam acara halal bihalal Idulfitri 1445 Hijriah, Rabu (10/4/2024) lalu. Tak banyak gimik, membuat kinerja mereka membuahkan hasil membawa Kota Batam maju menuju kota baru.

DAMPAK lain dari masifnya media sosial ini memunculkan fenomena baru, di mana eksistensi lebih dicari daripada esensi.

Ada sebuah anekdot dari cerita pada periode kolonialisasi Inggris di India. Saat itu, pemerintah kolonial yang khawatir dengan meningkatnya populasi kobra liar di Delhi menawarkan upah bagi siapa pun yang berhasil memburu kobra.

Strategi ini tampak berhasil pada awalnya, karena setelah itu masyarakat berduyun-duyun membawa kobra mati untuk mendapatkan upah.

Namun lama-kelamaan hal ini memunculkan fenomena lain, yakni banyak warga yang curang, dengan sengaja membiakkan kobra agar mendapatkan upah. Spontan pemerintah kolonial menghentikan sayembara ini.

Tak lama, populasi kobra liar menanjak drastis, karena tak ada lagi yang mau memburu kobra. Kisah ini kemudian disebut “efek kobra”.

Dalam konteks publikasi ilmiah, efek kobra di atas mirip dengan fenomena citation selfie yang sengaja dilakukan peneliti untuk mengerek h-index.

Yang diharapkan adalah riset yang bagus dan berkualitas dan diukur dengan jumlah publikasi dan sitasi. Namun yang didapat malah ratusan paper abal-abal yang mensitasi satu sama lain. Bahkan sengaja “diternak.”

Dalam konteks fenomena pemilihan yang kini ramai, juga ditemukan efek kobra semacam ini. Khususnya dalam penyajian gimik.

Yang diharapkan: gimik dapat menyampaikan beragam program, kinerja, dan prestasi calon agar mudah dipahami. Namun yang didapat: lebih ke arah entertainment, pamer aksi bak beauty contest idol atau got talent. “Gak habis fikri, di luar nurul,” kata netizen zaman now.

Bagaimana menurut Anda? (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.