13 April 2024

Kabar Baik dari Batam

Jefridin Dorong Warga Naik Bus Canggih TransBatam: Aman, Nyaman, Kurangi Macet!

ENGKUPUTRI, KataBatam- Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, berharap inisiatif Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), menambah 20 bus canggih TransBatam, segera dimanfaatkan masyarakat. Selain lebih nyaman dan aman, juga untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara di Kota Batam.

Hal ini disampaikan Jefridin, di sela mendampingi Wali Kota Batam HMR, meluncurkan pengoperasian 20 bus TransBatam, di depan Gedung Pemerintah Kota Batam, Batamcenter, Jumat (29/12/2023).

Sebelumnya, launching Bus Trans Batam ini ditandai dengan prosesi tepuk tepung tawar oleh Wali Kota HMR bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.

“Alhamdulillah tadi bersama-sama sudah Kita saksikan launching 20 bus TransBatam berjumlah. Semoga kian memberikan kemudahan bagi masyarakat Batam dalam menggunakan angkutan umum di Kota Batam,” ucap Jefridin.

Ia menjelaskan ini merupakan komitmen dari Wali Kota Batam HMR dalam memberikan angkutan umum dan nyaman bagi masyarakat Kota Batam.

Di samping itu dengan ditambahnya 20 bus ini bertujuan untuk peremajaan bus TransBatam yang usianya sudah tua.

Sekadar diketahui, saat ini jumlah bus TransBatam ada 62 unit yang melayani 8 koridor di Kota Batam.

“Sebanyak 62 unit ini keluaran tahun 2014/2015. Artinya dengan bertambahnya unit baru ini dapat meremajakan bus TransBatam yang sudah beroperasi saat ini. Tentunya dengan unit baru, masyarakat akan semakin nyaman untuk menggunakan layanan transportasi umum di Kota Batam,” tuturnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Salim, menjelaskan bahwa pengadaan 20 bus TransBatam ini menggunakan skema pembelian layanan (buy the service) atau BTS.

Skema ini untuk menjawab tingginya kebutuhan akan moda transportasi publik di perkotaan sesuai dengan standar pelayanan minimal yang ditetapkan.

“BTS merupakan wujud kehadiran pemerintah dalam memberikan subsidi pelayanan transportasi publik yang dilakukan bekerja sama dengan operator. Sesuai dengan amanat UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, bahwa pemerintah bertanggung jawab atas penyelenggaraan angkutan umum,” ujarnya.

Salim menjelaskan bahwa saat ini sudah dibuka layanan bus TransBatam sebanyak 8 koridor dari 10 koridor yang direncanakan.

Bus beroperasi mulai pukul 06.00 – 19.00 WIB. Sebanyak 20 bus TransBatam ini akan dioperasikan untuk wilayah Sekupang- Batamcenter 6 unit, Tanjunguncang 6 unit, Sekupang – Jodoh 6 unit, dan cadangan 2 unit. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.