21 Februari 2024

Kabar Baik dari Batam

Putri Ariani: Lahir Prematur, Buta di Usia Tiga Bulan, Kini Guncang Dunia via Suara Emasnya

JAKARTA, KataBatam– Putri Ariani mendadak jadi perbincangan. Bukan saja di Indonesia, tapi juga di Amerika Serikat dan di dunia. Hal ini terjadi setelah penampilannya yang berhasil mengguncang panggung America’s Got Talent 2023, dikutip dari POJOK SATU.

Video aksi Putri Ariani dengan suara emasnya pun diunggah di kanal Youtube America’s Got Talent 2023 pada 7 Juni 2023.

Dalam aksinya, gadis penyandang tunanetra tersebut sampai mendapat golden buzzer dari salahs atu juri, Simon Cowell.

Itu berarti, Putri Ariani berhak langsung tampil dalam panggung live tanpa melalui proses seleksi lagi.

Siapa Sebenarnya Putri Ariani?

Putri Ariani saat ini diketahui masih berumur 17 tahun. Ia dilahirkan di Bangkinang, Kampar, Riau, pada 31 Desember 2005 silam. Putri adalah anak dari pasangan Ismawan Kurnianto dan Reni Alfianty.

Gadis berjilbab yang kini tinggal di Yogyakarta ini memiliki hobi bernyanyi sejak ia masih berusia 4 tahun. Sejak saat itu, ia selalu mengikuti berbagai lomba atau ajang-ajang pencarian bakat.

Di balik suaranya yang begitu dahsyat, Putri ternyata dilahirkan dalam kondisi prematur saat usia kandungan ibunya masih 6 bulan. Ia juga divonis mengidap

Tidak hanya itu, Putri juga divonis mengidap Retinopathy of Premature atau ROP. Hal itu dikarenakan sang ibu mengalami plasenta previa selama kehamilan, di mana seluruh plasenta menutupi mulut rahim.

Di usianya yang baru 3 bulan, Putri sudah mengalami kebutaan total.

Namun, keterbatasannya itu tidak menghalanginya untuk terus meraih mimpinya di dunia musik. Bercita-cita menjadi seorang diva, Putri mengawali karirnya di dunia tarik suara pada 2014 dengan mengikuti ajang Indonesia’s Got Talent dan berhasil menjadi juara.

Pada tahun 2016, Putri mendapatkan penghargaan dalam rangka Anugerah Baiduri sebagai penyanyi cilik berprestasi tingkat nasional.

Di tahun yang sama, Putri mendapatkan juara 2 tingkat nasional literasi FLS2N. Ia juga menjadi finalis di acara The Voice Kids Indonesia musim kedua.

Putri kemudian terpilih sebagai salah satu penyanyi yang menyanyikan Official Theme Songs Asian Para Games 2018, “Song of Victory”. Dalam penampilan itu, Putri tampil bersama sejumlah musisi ternama Indonesia lainnya, seperti Once, Armand Maulana, Vidi Aldiano, dan Maudy Ayunda.

Seiring namanya yang kian melambung, Putri Ariani rutin meng-cover lagu-lagu dari musisi tanah air maupun musisi internasional. Cover song Putri itu lantas diunggah di kanal Youtube pribadinya dan selalu mendapat respons positif serta dukungan dari publik.

Selain cover lagu, Putri juga meciptakan belasan single sejak 2020 lalu. Album perdananya yang bertajuk “Melihat dengan Hati”, juga dirilis melalui kanal Youtube-nya. Salah satu lagunya, “Loneliness”, ia bawakan di America’s Got Talent.

Lagu itu pula yang membuat Simon Cowell terpesona sampai menekan tombol Golden Buzzer.

Ingin seperti Whitney Houston

Sebelum membawakan lagu tersebut, Putri sempat mengatakan bahwa tantangan terbesarnya sebagai seorang penyanyi adalah mengubah pola pikir orang bahwa ia adalah musisi, bukan cuma tunanetra biasa.

“Aku memang buta. Tapi saat aku menyanyi, aku merasa seperti seorang superstar,” ucap Putri dengan penuh percaya diri.

Mimpi saya adalah menjadi diva terbesar di dunia seperti Whitney Houston dan memenangkan Grammy Award,” ungkap Putri kepada para juri.

Keindahan suara Putri bahkan juga membuat Simon Cowell, yang dikenal sebagai seorang juri yang sangat selektif dan tegas, menyatakan bahwa Putri Ariani adalah salah satu penyanyi terbaik yang ada di panggung America’s Got Talent.

“Kamu adalah salah satu penyanyi terbaik dalam show kami,” tutur Simon kepada Putri Ariani di tengah gemuruh tepuk tangan dan sorak sorai penonton. (ski)

Baca Juga: Cari Lagu yang Gambarkan Identitas Batam, Disbudpar Gelar Lomba Cipta Lagu Melayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.