15 Juli 2024

Kabar Baik dari Batam

Bawa Semangat Kesetaraan, Pesepeda Batam Siap Rayakan World Bicycle Day 2024

BATAMCENTER, KataBatam- Sejumlah komunitas dan penggiat sepeda di Batam, siap memperingati World Bicycle Day atau Hari Bersepeda Dunia, dengan semangat kesetaraan dan keberlanjutan, pada Minggu (2/6/2024).

“Peringatan tahun ini kita laksanakan dengan berbagai aksi. Banyak manfaat dari bersepeda, baik untuk pesepedanya maupun alam semesta,” kata Koordinator Bike To Work (B2W) Kota Batam, Haryoto, di Batamcentre, Kota Batam, Senin (27/5/2024).

World Bicycle Day ditetapkan oleh PBB pada tanggal 3 Juni 2018. Sejak itu, setiap tahun hari bersepeda diperingati dan dirayakan di seluruh dunia, termasuk Batam.

Perayaan itu semakin semarak ketika pandemi Covid-19 melanda. Malah penjualan sepeda mencapai puncaknya ketika itu.

Haryoto, yang didampingi Ketua Batam Folding Bike, Rizal Saputra, dan Panitia Pelaksana Wibisono Pasha mengatakan, peringatan tahun ini mengusung tema yang sangat penting. Tema tahun ini adalah “Promoting Health, Equity, and Sustainability Through Cycling”.

“Kita semua harus terus mempromosikan kesehatan, kesetaraan dan keberlanjutan melalui bersepeda,” kata Haryoto tentang semangat tema tahun ini.

Menurut Haryoto, mereka akan mulai merayakannya dari halaman gedung Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Batamcenter. Dari situ mereka akan melakukan parade tentang pentingnya bersepeda.

“Kegiatan seperti ini harus terus berkelanjutan,” jelasnya.

Batam, kata Haryoto, sangat peduli dengan pesepeda. Setiap pembangunan infrastruktur yang dieksekusi Wali Kota sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam H Muhammad Rudi (HMR), selalu memberi ruang untuk pesepeda.

Malah saat ini, jalur sepeda di Batubesar, Nongsa sedang diselesaikan. Ini menunjukkan komitmen besar pemerintahan di Batam dalam menjaga keberlangsungan lingkungan.

“Keberlanjutan seperti ini harus dikawal. Semuanya untuk Batam yang semakin baik,” kata Haryoto.

Haryoto menambahkan bahwa Batam pernah mendapat predikat sebagai Kota Ramah Sepeda dari Bike To Work pusat.

Karena itu, sebagai Koordinator B2W Batam, Haryoto menegaskan bahwa mereka akan terus bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat dalam mengkampanyekan budaya bersepeda.

Dalam kesempatan itu, Wibi, panggilan akrab Wibisono Pasha mengajak pesepeda di Batam, juga seluruh pesepeda di Kepri untuk merayakan World Bicycle Day tahun ini. Momen setahun sekali ini harus dijadikan momentum besar bagi dunia pesepedaan.

“Kita harus terus sampaikan pesan-pesan ke-bike-an ke seluruh dunia. Termasuk Kota Batam yang semakin ramah untuk pesepeda ini,” kata Wibi yang beraktivitas ke kantor selalu menggunakan sepeda.

Sementara itu, Ketua Batam Folding Bike, Rizal Saputra mengatakan, komunitas mereka siap mendukung kesemarakan perayaan itu. Dia pun sudah mengabari anggota komunitas untuk merayakannya.

“Kami pun siap untuk meraih sehat dan mengawal keberlanjutan dan kesetaraan melalui bersepeda,” kata Rizal. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.