11 Desember 2023

Kabar Baik dari Batam

Bersama Jefridin, Warga Bengkong Siap Pilah Sampah dari Rumah demi Batam Bersih

pilah sampah dari rumah

BENGKONG, KataBatam– Masyarakat Kecamatan Bengkong, siap membantu Pemerintah Kota Batam dalam menjaga kota ini tetap bersih. Caranya, melakukan pilah sampah dari rumah.

Hal ini tampak saat Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, mewakili Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Batam Hj Marlin Agustina membuka Sosialisasi dan Edukasi Pilah Sampah dari Rumah, di Kelurahan Bengkongsadai, Kecamatan Bengkong, Selasa (14/11/2023).

Dalam sambutannya, Jefridin yang mewakili Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR) ini, mengajak masyarakat untuk melakukan pilah sampah dari rumah. Sebab, selain adanya efisiensi juga dapat menambah pendapatan masyarakat.

“Salah satu langkah untuk mengurangi volume sampah Kota Batam adalah dengan melakukan pilah sampah dari rumah,” jelasnya.

Jefridin menyebut, program pilah sampah ini dapat mengurangi produksi sampah sebanyak 40 persen. Jika volume sampah berkurang, maka akan berdampak pada berkurangnya pengeluaran APBD untuk pengelolaan sampah ini.

“Jangan salah, sampah ini ada yang memiliki nilai ekonomis. Jika dipilah tentu akan menambah penghasilan bagi kita,” katanya mengedukasi.

Dipaparkannya bahwa dalam satu hari masing-masing orang menghasilkan sampah 0,8 gram sampah. Ini belum termasuk sampah industri dan sampah pasar.

Batam sudah dibangun begitu indah, jadi persoalan sampah harus ditangani dengan serius. Jika kebersihan tidak diperhatikan maka akan berdampak pada kesehatan.

“Kota ini sudah indah, jadi estetikanya harus dijaga. Maka, bagaimana sampah ini dikelola dengan baik. Oleh karena itu pemerintah mengedukasi masyarakat agar melakukan pilah sampah,” ujar suami Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Batam Hj Hariyanti Jefridin ini.

Selanjutnya Jefridin menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan dukungan untuk pembangunan Batam. Untuk itu masyarakat harus menjaga agar Batam aman, nyaman dan kondusif.

Dalam kesempatan itu Jefridin juga menyampaikan salam dari Ketua TP-PKK Kota Batam Hj Marlin Agustina, yang berhalangan hadir di acara ini. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.