13 April 2024

Kabar Baik dari Batam

Bertaraf Internasional, Ini Kecanggihan 20 Bus TransBatam yang Baru Diluncurkan HMR

WALI KOTA Batam H Muhammad Rudi (HMR) saat meluncurkan 20 bus TransBatam di depan Gedung Pemerintah Kota Batam, Batamcenter, Jumat (29/12/2023).

BATAMCENTRE, KataBatam- Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR) menghadiri acara Peluncuran Pengoperasian 20 Unit Bus TransBatam di depan Gedung Pemerintah Kota Batam, Batamcenter, Jumat (29/12/2023).

Hadir juga dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam, dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Batam.

Dalam acara ini, HMR dan Forkopimda menaiki bus mengelilingi area kantor Wali Kota Batam. Sebelumnya, HMR melakukan prosesi sesuai adat Melayu.

20 bus baru ini memiliki spesifikasi lebih baik dibandingkan yang lama. Dari segi teknologi bus ini sudah lebih lengkap, ada CCTV di setiap sisi luar dan dalam, videotron, dan lainnya.

Adapun pengadaan 20 bus ini melalui pola buy the service (BTS) tahun anggaran 2024.

Dalam sambutannya, HMR menegaskan tekadnya menjadikan Batam sebagai Smart City. Karena itu, infrastruktur dan alat transportasinya harus bertaraf internasional.

“Kota Batam ingin saya jadikan Smart City. Semua harus moderen dan bertaraf internasional. Dengan begitu Batam sebagai Kota Baru akan terwujud,” ujar Kepala Badan Pengusahaan Batam ini.

HMR berharap dengan kehadiran transportasi umum ini dapat membantu masyarakat, khususnya anak-anak sekolah dan para pekerja di Kota Batam.

Tak hanya bus, untuk menuju Batam Kota Baru HMR juga akan menyiapkan alat transportasi berupa lintas raya terpadu (LRT) atau bahasa inggrisnya light rail transit, yakni satu sistem kereta api penumpang yang beroperasi di kawasan perkotaan.

“Ini telah saya siapkan. Tapi saya berharap masalah Bus ini lebih dulu selesai. Mari apa yang sudah ada kita jaga demi kenyamanan bersama,” ujar suami Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina.

HMR juga meminta kepada Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Batam Salim, untuk selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan masyarakat.

“Keamanan dan kenyamanan harus diperhatikan. Jaga kebersihan agar masyarakat yang menggunakan merasa nyaman,” sambungnya.

Di akhir sambutannya, HMR mengungkapkan bahwa pihaknya mulai tahun depan juga akan mulai mengubah Batamcentre dan membangun pelabuhan yang bertaraf antar-bangsa.

Sementara itu, Kadishub Salim mengatakan bahwa sesuai arahan Wali Kota Batam HMR, pihaknya juga akan selalu mengontrol kebersihan dan keamanan bus demi kenyamanan masyarakat.

“Ini merupakan arahan dari Bapak Wali Kota Batam HMR untuk mengutamakan keamanan dan kebersihan,” katanya. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.