21 Mei 2024

Kabar Baik dari Batam

INSPIRASI PAGI: Seperti Marlin

HEWAN melalui kekuatan dan nalurinya, sering dijadikan simbol atau karakter watak manusia, bahkan lambang kelompok hingga negara. Sebut saja harimau dan elang.

Kecenderungan penggambaran watak menggunakan simbol hewan ini, menurut Profesor di Pusat Penelitian LIPI-BRIN Prof Dr Ir Ibnu Maryanto, dikarenakan manusia akan lebih mudah menerima contoh lewat hewan yang memiliki beberapa kemiripan secara biologi dengan manusia.

Misal, petinju legendaris dunia Muhammad Ali, untuk mendefinisikan dirinya. “Melayang seperti kupu-kupu, menyengat seperti lebah. Anda tidak akan bisa memukul apa tidak dilihat oleh matamu,” jelasnya.

Contoh lain, di Kabupaten Pangandaran, dan  Provinsi Kepulauan Riau, khususnya Batam, juga ada jenis ikan yang karakternya dijadikan inspirasi. Namanya ikan marlin. Saking legendarisnya, sehingga dijadikan pilihan motif batik Batam yang tenar itu: batik marlin.

Ikan pedang ini adalah perenang cepat yang dapat mecapai kecepatan sekitar 80 km/jam (50 mph). Sosoknya gesit dan tangkas. Bahkan bisa terbang.

Inspirasinya adalah, dalam hidup kita harus gesit, cerdas, dan giat. Tak cuma itu, juga aktraktif, lincah dan kuat, dengan memiliki gaya lompat ke atas, sebagai simbol meraih kejayaan. Watak semacam ini akan memperbesar peluang kita dalam meraih kesuksesan.

Bagaimana menurut Anda? (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.