15 Juli 2024

Kabar Baik dari Batam

Jefridin Beri Tips Bikin Produk Berkesan & Miliki Ciri Khas Agar UMKM Naik Kelas

SAGULUNGKOTA. KataBatam- Pemerintah Kota (Pemko) Batam, terus menggeber agar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) naik kelas. Tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kapasitas para pelaku usaha.

Melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Pemko Batam, menggelar Roadshow Kewirausahaan Menuju UMKM Naik Kelas, di fasum Perumahan Tiara Mantang, Kelurahan Sagulungkota, Sagulung, Senin (24/6/2024).

Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, membuka secara resmi acara yang diikuti peserta dari Kelurahan Sagulungkota dan bertujuan, untuk mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah di wilayah tersebut.

“Dengan adanya program seperti ini, diharapkan UMKM di Batam dapat lebih kompetitif dan mampu bersaing di pasar yang lebih luas,” harap Jefridin.

Menurutnya, Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), terus menunjukkan komitmennya dalam menyeimbangkan pembangunan fisik dan pengembangan sumber daya manusia di kota Batam.

Upaya ini dilakukan melalui pembangunan infrastruktur termasuk pembangunan jalan, pelabuhan, bandara, dan program Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan (PSPK).

Jefridin menjelaskan bahwa tujuan utama dari pembangunan ini adalah untuk memastikan bahwa masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari pembangunan yang ada. Ia juga menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam memanfaatkan peluang yang ada.

“Kita tidak ingin masyarakat hanya menjadi penonton pembangunan. Kita mendorong bapak dan ibu untuk berjualan dan meningkatkan ekonomi keluarga masing-masing,” ujarnya.

Jefridin juga memberikan pesan khusus kepada ibu-ibu rumah tangga untuk dapat berinovasi dalam menciptakan produk makanan khas yang dapat menarik wisatawan kembali ke Batam.

“Dengan membuat makanan yang berkesan dan memiliki ciri khas, kita dapat menarik lebih banyak orang untuk datang kembali ke Batam,” tambahnya.

Menurutnya, kehadiran wisatawan tidak hanya akan meningkatkan pendapatan para pelaku usaha kecil dan menengah, tetapi juga berpotensi menarik investasi dari berbagai sektor.

Investasi ini diharapkan akan membuka lapangan pekerjaan baru dan memperkuat perekonomian lokal. Selain itu, peningkatan jumlah wisatawan akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan daerah melalui pajak hotel dan restoran. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.