21 Februari 2024

Kabar Baik dari Batam

Marlin Motivasi 265 UMKM Cepat Lakukan Transformasi Digital untuk Kemajuan Bisnis

BATAMCENTER , KataBatam- Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kota Batam, menyelenggarakan Sosialisasi dan Motivasi Pemberdayaan Industri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Harmoni One Hotel, Batamcenter, Kamis (23/11/2023).

Kegiatan yang diikuti 265 pelaku usaha di Kota Batam ini bertemakan “Transformasi UMKM Masa Depan”. Acara ini dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, dan dihadiri Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam ini menuturkan, peran UMKM sangat luar biasa, karena memberikan kontribusi besar terhadap daerah.

Ia juga mengapresiasi Pemko Batam sangat luar biasa karena memberikan pelatihan di bidang apapun. Seperti hari ini memberikan pelatihan untuk pelaku UMKM di Kota Batam.

“Pemko Batam bukan hanya memersiapkan infrastruktur, tapi SDM-nya juga disiapkan. Daerah hanya bisa memberikan pelatihan, namun yang paling penting adalah kemauan dari diri sendiri. Motivasi dari diri sendiri itu yang paling penting untuk memulai usaha,” ungkap Marlin.

Ia menuturkan bahwa saat ini adalah zaman sudah modern dan teknologi sudah maju. Untuk itu sebagai pelaku usaha harus bisa mengikuti perkembangan zaman dalam mengembangkan usaha. Salah satunya dunia digital. “Cepat adaptasi dalam dunia digital agar usaha menjadi lebih maju,” terangnya.

Melalui kegiatan ini selain menjalin ajang silahturahmi juga dapat menjadi tempat bertukar informasi. Sharing antara pelaku usaha satu dengan pelaku usaha lainnya.

“Perempuan memiliki banyak potensi, terlebih jika fokus dalam mengembangkan satu potensi, yakinlah itu pasti akan berhasil. Kita harus memacu diri untuk bisa. Tantangan pasti ada, tapi harus dihadapi. Jangan mudah menyerah dan berputus asa,” katanya memotivasi.

Sementara itu, Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, mengungkapkan transformasi UMKM masa depan sangat penting dalam mengembangkan usaha. Ini ditandai dengan masuknya UMKM pada platform digital.

“Saya atas nama Wali Kota Batam H Muhammad Rudi mengapresiasi dan berterima kasih atas diselenggarakannya kegiatan ini. Sudah saatnya pelaku UMKM di Kota Batam mengembangkan usahanya melalui dunia digital,” ujarnya.

Diakuinya UMKM di Kota Batam terus bergeliat. Ini menjadi bukti bahwa pelaku usaha di Kota Batam sudah mengambil manfaat dari pembangunan yang dilakukan oleh Pemko Batam.

Dipaparkannya bahwa kondisi Batam berbeda dengan daerah lainnya, karena tidak memiliki hasil bumi yang dapat digali. Kondisi berbeda ini lah sehingga Wali Kota Batam membuka akses baik infrastruktur jalan, bandara dan pelabuhan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi para pelaku usaha mikro di Kota Batam, sehingga usahanya bisa mendunia. Teruslah berinovasi sehingga produk yang dihasilkan diminati konsumen baik di tingkat lokal maupun luar negeri,” katanya memotivasi.

UMKM menurutnya sebagai salah satu pilar penggerak roda perekonomian bangsa. Karena UMKM memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian, selain memberikan kontribusi terhadap pendapatan juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

“Kepada seluruh peserta Saya harap agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Semoga ilmu yang diperoleh dari narasumber dapat diaplikasikan dalam mengembangkan usaha yang dijalankan,” pesannya.

Jefridin juga mengajak agar senantiasa menjaga kekompakan dan meningkatkan rasa persatuan di Kota Batam. Ia mengimbau agar tidak mudah diadu domba yang nantinya akan menghambat pembangunan di Kota Batam.

Acara itu dihadiri Kepala Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Batam, Hendri Arulan beserta jajaran. Adapun narasumber pada kegiatan tersebut Dosen ITEBA, Ririn Dwi Putri Permatasari. (ski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.